Pagi ini teman saya menelfon untuk menanyakan suatu alamat website. Dengan suara saya yang berkarakter Bass tingkat besar saya lalu menyeb...

Tentang Kode Kode Bravo Alfa...

Pagi ini teman saya menelfon untuk menanyakan suatu alamat website. Dengan suara saya yang berkarakter Bass tingkat besar saya lalu menyebutnya perlahan-lahan “we we we dot bla bla bla dot kom.” lalu sang teman kesulitan mendeteksi huruf-huruf yang saya sebutkan. Huruf “B” terdengar seperti “D”, huruf “D” yang terdengar seperti “G”. Saya menyebut berulang-ulang untuk mempertegas huruf-huruf yang saya maksud. Saya coba menggunakan sandi-sandi seperti “Alfa, Beta,...” tapi sepertinya teman saya belum familiar dengan sandi itu. ya sudah apa boleh buat saya kirim pesan saja ke beliau.

Ini merupakan gangguan kominikasi yang sering saya alami di telfon (terutama saat menyebutkan alamat email atau website yang umumnya harus detail). Sebenarnya jika pelaku percakapan sama-sama mengerti beberapa sandi international radiotelephony spelling alphabet seperti Alfa, Bravo, Charlie,... (atau minimal konsepnya saja). Masalah ini (mungkin) sudah bisa di bilang beres. Namun jika salah satu belum tahu, maka ini yang susah.



Saya sendiri baru mengenal sandi-sandi seperti itu sekitar tahun 2007-2008 yang lalu. Dosen kami yang mengajarkan, kami di perkenankan untuk mengeja masing-masing nama kami dengan sandi-sandi tersebut. Maka saya mengeja nama saya menjadi : “Zoro Alfa Hotel Romeo India = ZAHRI”. Beberrapa hari setelah kami tau sandi-sandi ini kami sering latihan saat telfon-telfonan dengan teman sekalas, tapi pada prakteknya kami sering lupa sama istilah-istilahnya, karena agak lupa dengan international radio telephony spelling alphabet yang western sekali itu kami mengkonfersi ke sandi-sandi yang berbahasa indonesia (mungkin karena nasionalisme kami tinngi :D ) seperti “J” jadi “Jerapah” “G” jadi “Gajah”. Dalam percakapan informal ini tidak terlalu masalah. :D

Mungkin teman-teman sudah banyak yang tau sandi-sandi ini tapi tak apalah saya tulis saja, barangkali ada yang belum tau. Hi hi hi...

A : Alfa
B : Bravo
C : Charlie
D : Delta
E : Echo
F : Fanta / Foxtrot
G : Golf
H : Hotel
I : India
J : Juliet
K : Kilo
L : Lemon / Lima
M : Mike / Mama
N : November
O : Oscar
P : Papa
Q : Quebec
R : Romeo
S : Sierra
T : Tanggo
U : Uniform
V : Victor
W : Whiskey
X : X-ray
Y : Yannkee
Z : Zulu/ Zoro

--------------
Bravo Bravo Bravo......
Penulis : Muhammad Zahri

0 komentar: