Membangun kepercayaan diri ketika duduk di depan HRD dan User perusahaan saat wawancara kerja kadang seru juga. Kalau saya, saya cen...

Pertanyaan wawancara kerja yang sering di tanyakan untuk bagian staff akuntansi



Membangun kepercayaan diri ketika duduk di depan HRD dan User perusahaan saat wawancara kerja kadang seru juga. Kalau saya, saya cendrung berdebar-debar saat menit-menit pertama, itu adalah menit-menit menyusun strategi. Ha ha ha

Oh ya, sebelumnya perlu saya katakan bahwa ini adalah pengalaman pribadi saya, jadi ini sangat subjektif ya. Boleh jadi beberapa orang diluaran sana tidak mengalami hal yang serupa. He he he
Based on my experience, Biasanya HRD basa-basi dengan menayakan pertanyaan mainstream seperti ini:

 -         -  Sambil memegang CV kita dibalik mejanya dia berujar :  -

 
Ilustrasi : Gambar di ambil dari www.unoloker.blogspot.com


“hmm..... Muhammad Zahri, ini saya panggil Muhammad atau Zahri?” kemudian doi bakal nanyak asal kita dari mana, kita tinggal disini sama sapa de es be, de el el. Aku kurang tau apakah ini kebiasaan semua HRD atau enggak, tapi aku sering mendapatkan pertanyaan ini saat wawancara, makanya aku inget.
 Sejauh ini aku bisa mengkatagorikan beberapa pertanyaan jadi beberapa sesi.

1.       Sesi menggali identitas
ini ya kayak pertanyaan mainstream diatas.

2.       Sesi kuliah
Dia baklan nanyak kamu kuliah dimana, kadang-kadang dia nanyak berapa IP kamu juga, selanjutnya kegiatan-kegiatan perkampusan/ organisasi yang kamu ikuti. Tapi sejauh yang saya ikuti untuk bagian akuntansi saya tidak terlalu sering mendapatkan dia menggali sisi keaktifan berorganisasi kita. Terkesan itu tidak terlalu penting ? wah! Bukan berarti kamu ngak harus ikut organisasi ya. Itu penting banget untuk ngasah soft skill kamu. Percaya deh..

3.       Sesi kerja
Karena di CV aku tyuliskan aku pernah bekerja di perusahaan sebelumnya, HRD sering nanyak ke aku, misalnya dulu aku kerja di bagian Account Receivable (Piutang). Dia akan banyak nanyak ini itu tentang apa yang kamu kerjakan, laporan apa yang kamu buat, tanggung jawab seperti apa yang kamu emban, dan bagaimana cara kerja mu. Wah ! ini bener-bener harus di siapkan matang-matang sebelum interview.

4.       Sesi skill
Sebenernya ini ada di nomor 3, bukan di nomor 4. Tapi aku mau ngasih ending di poin ini makanya ku letakkan di akhir.
Misalnya kamu ngelamar di bagian inventory, dia bakal ngubek-ngubek pengetahuan mu seputar sistem persediaan semisal stock opname, jurnal pembelian, jurnal penjualan, prinsip FIFO (first In First Out) LIFO (Last In Last Out) (tergantung si perusahaan menggunakan metoda apa untuk sistem persediaan nya). Atau kalau kamu ngelamar di bagian Account Receivable (piutang) ya  biasanya kamu bakal di tanyak tentang jurnal pejualan dan pelunasan piutang, umur piutang, atau metode penghapusan piutang. Pokoknya ilmu yang paling mutakhir dan banyak di tanyakan itu adalah matakuliah Accounting Principle dan Advance Accounting. Jadi kalo kamu masih kuliah dan mengambil matakuliah itu di semester ini. Berilah perhatian yang serius untuk mata kuliah ini.

Selanjutnya sebelum pertanyaan di atas biasanya kita akan di tanyai tentang siklus akuntansi:
Sebagai calon staff akuntansi kita harus tau alur penyususnan laporan keuangan itu seperti apa. Dimulai dari bukti transaksi yang harus kita jurnal sampai ke proses laporan keuangan, ya walaupun pada prakteknya kita hanya menjalankan beberapa bagian dari alur siklus akuntansi nya saja. Pemahaman tentang siklus akuntansi ini sangat penting sekali sehingga di buku Accounting Principle manapun materi ini di bahas di awal Bab.

Ini ada satu diagram siklus akuntansi yang sangat umum. yang  saya ambil dari diandyt.wordpress.com 



7 comments: