Akun Sosial media yang kita punya boleh jadi bisa di katagorikan sebagai layanan yang punya skala privasi cukup tinggi. Adanya orang ke ...

Agar Akun Facebook Tidak Mudah Di Bajak

Akun Sosial media yang kita punya boleh jadi bisa di katagorikan sebagai layanan yang punya skala privasi cukup tinggi. Adanya orang ke tiga yang mengubek-ngubek akun kita tentu sangat menjengkelkan. Hal terburuk yang mungkin saja terjadi beberapa diantaranya adalah; pencurian atau penyalahgunaan data pribadi, tercemarnya nama baik, pemerasan dan hal-hal mengerikan lainnya yang tidak sepele.

Sebelum itu semua terjadi, ada baiknya kita membentengi diri dari beberapa hal yang dapat menyebabkan akun medsos kita di bajak. Dibawah ini ada beberapa Tips yang saya tahu tentang bagaimana menjaga akun facebook kita agar lebih aman, jika kamu punya tips yang lainnya kalau berkenan boleh dong di bagikan di kolom komentar.

BEBERAPA TIPS AGAR AKUN MEDSOS KITA TIDAK GAMPANG DI  BAJAK

1. Jangan sembarangan  klik link yang dikirim lewat pesan.

Pernah ngak? dapet pesan dari teman yang tidak terlalu akrab dengan kita yang ujung-ujungnya kita di suruh klik link yang ada di pesan itu? nah pesan seperti inilah yang berbahaya dan berpotensi mencuri data-data mu di sosmed.

*Apa ciri-cirinya?*

ciri-ciri dari metode ini adalah : isi  pesannya sangat aneh, sulit di pahami dan tata bahasanya kadang-kadang agak hancur. dalam kebanyakan kasus,  pesan spam biasanya berbahasa Inggris. Hati-hati juga terhadap pesan yang menautkan link untuk menonton video : hantu, pornografi, gosip menggemparkan, karena kata dosen marketing saya dahulu, elemen-elemen di atas itu memang bisa di gunakan untu ‘menggoda’ orang-orang. Wallahu’alam.

Oiya, tidak hanya teman yang kurang akrab yang bisa mengirim pesan model beginian, teman akrab kita yang sebelumnya terkena hack juga bisa membroadcast masal spam model beginian tampa sepengetahuan dia, jadi ya kita harus benar-benar jeli apakah pesan itu merupakan buatan manusia atau robot. ya, ciri-cirinya biasanya seperti yang saya tulis di atas.
scam2
Gambar di atas merupakan salah satu contoh spam yang saya ambil dari www.desisachiko. com
2. Hati-hati saat menginstal software/aplikasi 

adakalanya kita membutuhkan aplikasi atau sofware tertentu, karena tak punya modal yang cukup, biasanya kita pilih yang gratisan. namun syaratnya kita harus memperbolehkan si software/apps mengakses akun medsos kita. jika kita setuju maka inilah celah yang digunakan peretas untuk mencuri data kita. maka selektif lah untuk menyetujui mereka mengakses data kita.

3. Laptop bersama

jika kamu ada di komunitas, perusahaan, kampus dan tempat-tempat umum yang menyediakan komputer untuk bisa di gunakan semua orang, atau sekedar minjem laptop temen untuk login ke sosmed, maka di sini juga ada celah pembajakan.

setidaknya saat login ke facebook misalnya, kamu harus perhatikan kotak centang kecil di dekat kotak isian user name dan password
fb log
Nah, jangan centang kotak kecil ini jika kamu menggunakan laptop pinjaman/publik saat kamu login ke facebook, karena jika kotak ini tercentang dan saat keluar dari facebbok kamu cuma menekan tombol close tampa sign out, maka siapa saja yang mengakses facebook.com setelah itu, facebook akan secara otomatis login ke akun kamu. kalau temen/orang yang membuka facebook tersebut tak peduli dengan privasi, tamatlah akun mu.

4. Gunakan Fasilitas bawaan browser

sebenarnya ada fasilitas di browser yang bisa menjaga privasi kita, misalnya Private Windows di Mozila. Caranya pilih menu file >> new private windows.
privat wd

atau pada browser crome bisa di pilih di tombol menu yang ada di pojok kanan atas di bawah tombol close >> pilih jendela penyamaran baru
jendela

privat windows(mozila) atau Jendela Penyamaran (crome) tidak hanya mengamankan aktifitas login kita, tetapi ia juga bisa digunakan untuk tidak merekam histori perambahan kita saat berselancar di internet.

5. Warnet Jahil
Di warnet juga ada oknum yang kadang-kadang suka jahil, oknum ini menginstal software mata-mata di komputer warnet yang bisa merekam data username dan pasword kita. sebab itu tidak disarankan menggunakan warnet untuk mengakses data keuangan atau akun perbankan kita. ada satu cara agar kita agak aman login di warnet yanitu dengan menggukan keyboard digital saat proses input user name dan pasword. bagaimana cara nya?  untuk windows 7 ini caranya

pilih tombol start >> all program >> accessories (carilah disekitar sini)
6. Rutin mengganti pasword
Rutin mengganti pasword juga sering dikatakan oleh pakar dapat membantu mengurangi resiko akun kita terbajak.

Lalu, apa yang harus dilakukan ketika akun kita terbajak?
beberapa teman memberitahukan bahwa jika facebook kita berhasil kita buka, segera lakukan pemulihan email dan ganti pasword segera. lebih baik menggunakan kombinasi huruf dan angka untuk membuat password lebih powerfull.
(*)  PENTING (*)
Dengan pesatnya pertumbuhan teknologi, cara ini mungkin saja masih bisa di bobol oleh orang yang memiliki kemampuan hack tingkat intermediate atau advance. (server Sony Pictures aja bisa kena hack) Tetapi, selama kamu bukan artis atau president setidaknya cara ini sudah lumayan cukup melindungi dari orang-orang yang sekedar iseng.

0 komentar: