Jam 10 Malam . Hari ini aku pulang malam dengan membawa badan yang lengket karena keringat. Sebenernya badan udah lelah dan mata udah ngant...

Mandi Dulu Apa Nulis Dulu?

Jam 10 Malam. Hari ini aku pulang malam dengan membawa badan yang lengket karena keringat. Sebenernya badan udah lelah dan mata udah ngantuk, tapi kalo ngak mandi dulu biasanya aku ngak bisa tidur. Risih.

Setelah beli biskuit di warung Bu’ De, aku nyantai sebentar sembari mendingingkan badan dari keringat yang sebenernya ngak bercucuran. Aku rebahan di kasur sambil baca-baca blog dan facebookan sampai ngak sadar sudah lewat jam 10:30 malam. Wogh ! Belum mandi !

Pas mau mandi. Eh tiba-tiba aja ada ide tulisan (yaitu tulisan yang sedang kamu baca ini). waaah?! aku jadi penuh pertimbangan mau mandi dulu apa nulis dulu ? Takutnya kalau mandi dulu emosi nulisnya jadi ilang, feel nya ngak dapat, emosinya ngak ada, tulisannya rasanya hambar, bagai sayur tampa garam, hampa, tak berwarna, tak bermakna….(naon deui mang…?)

Malesnya lagi kalo feel nulis ku udah ilang, aku jadi kalah sama ngantuk. Biasanya sih rasa ngantukku jadi sakti, ngantuk jadi berat skala gajah yang bisa aja membuat ku langsung bleg… dan sekali membuka mata tau tau udah pagi. Tapi, ini bakalan beda kalo feelnya masih ada. Biasanya ngantuk bakalan ngak ngefek, malah kadang aku harus maksaan diri untuk tidur karena udah lewat tengah malam.

Ini sering banget terjadi. Dulu pas aku di radio aku juga sering begitu. Aku sering ngerjain proyek produksi audio dan iklan malem hari, karena sangking serunya akibat feelnya ada, kadang-kadang ngak sadar ngerjain iklan sampe jam satu pagi. Padahal besok harus berangkat kerja. ya gitu kalo feelnya ada. Kalo udah gini malah harus maksain diri untuk tidur.

Masalah lain yang timbul kalo feel ku hilang biasanya adalah tulisannya bakal berhenti di tengah jalan dan berakhir jadi draft. Ini sebenarnya sangat merepotkan aku, karena draft tulisan ini entah kapan bisa ku lanjutin lagi. biasanya sih aku memang kesulitan melanjutkan lagi di waktu yang berbeda. Ya, jadinya koleksi darft ku sekarang ada buanyak buanget…. ckckckc

Dulu pernah juga sih dapet tips dari Bang Jonru, Katanya kalau kita sering mentok nulis di tengah jalan, tekniknya kita harus menulis cepat, tulis sampai ending tanpa melihat (membaca ulang) apa yang udah kita tulis. dengan kata lain aku harus kebut terus nulisnya, sampai gagasan yang ada di kepala keluar semua, masalah editing entar bisa di atur. –  Itu teorinya, pada prakteknya aku tetep aja belum bisa menerapkan itu di semua kondisi saat menulis. Tapi sekarang, ditulisan ini aku lagi praktekin saran Bang Jonru yang itu nih. Ayo kebuuut…. kebuuuttt... kebuuuut...
Bruum...brumm.. bruuuuuuuuuummmmhhh.....

Nah, akhirnya sebelum nulis tulisan ini, tadi aku mutusin untuk milih mandi dulu. Tau apa yang terjadi ? Eh, pas lagi mandi malah banyak ide-ide berdatangan, kemudian pas mandi tadi ada juga ide-ide untuk menulis topik lain yang ikutan muncul. Jadinya, selain aku kesiram air ternyata aku juga kesiram banyak ide. – Waduh, kenapa ya pas mandi kita jadi banyak dapet ide? hi hi hi

Sekarang udah jam 23:54 dan aku mulai ngantuk ne. <hammer> Tetapi ya udahlah waktu yang 6 menit sebelum jam 00:00 akan ku gunakan buat edit-edit tulisan ini sebelum be o bo be o bo + k.

jreng !





0 komentar: