Buku yang telah lama di idamkan


Ramadhan tahun lalu aku mendengar narasumber inspirasi ramadhan di ITB yang ngomongin soal buku yang katanya keren banget. kata nya buku itu ngomongin soal persahabatan dan pentingnya menjaga mimpi-mimpi. Setelah riset di gugel rupanya itu adalah buku lama yang memang udah best seller. Rasa penasaran ku makin menjadi-jadi saat kata wikipedia buku itu udah di angkat menjadi sebuah film.


Suatu hari aku jalan-jalan sama temen ke mall Paris Van Java Bandung. kalo uda masuk mall, secara misterius Gramedia atau spesies-spesies sejenisnya selalu menarik jiwa raga ku ke tempat mereka. rasanya itu kalo nampak toko buku bawaan nya masuuk ajah. Ada uang gak ada uang sama aja, tetep masuk. Sulit sekali menolak tarikan gravitasi dari toko-toko buku itu. Akhirnya, seperti yang sudah kalian duga, walopun ngak banyak bawa uang tetep aja aku masuk. Pada tahap ini, toko buku bisa di bilang sukses. – sebel eike !

salah satu sudut mall Paris Van Java Bandung
sumber: tripadvisor.com
Maka kelilinglah aku didalam nya. seperti biasa aneka buku-buku menggoda. kalo masuk toko buku biasanya tangkringanku itu dirak :
(1) komputer, (2) manajemen, (3) bisnis, (4) pengembangan diri, seseklai (5) marketing dan (6) novel. Aku jarang banget lupa untuk ngak masuk di bagian (7) buku promo yang murah-murah. Open-mouthed smile Entah kenapa katagori rak diatas itu selalu aja menarik untuk di kunjungi. Aku juga seneng mengunjungi salah satu spot yang khas di Gramedia yaitu tempat paling depan dekat pintu masuk yang di kasih label “buku populer/laris” dan “buku baru” yang memang kadang-kadang harga nya agak mentereng dikit.

**

Saat ngeliat Gramedia, aku katakan pada teman-teman ku kalo aku mau masuk kesini bentar. Nanti kalau mereka udah selesai dengan hajat mereka, mereka tunggu aja di luar. karena aku tau mereka gak bakalan betah ngikutin aku mondar mandir di toko buku ini.

Walopun aku sadar sebenernya aku datang kemari bukan untuk beli buku dan ngak nyediain budget sepeserpun untuk beli buku dalam kunjungan kali ini. ini berarti sudah  pasti aku akan tersiksa batin kalo tetap masuk toko buku karena harus menerima kenyataan akan keluar dengan tangan kosong.

Jin jahat datang :

“alaaaaah, liat-liat aja dulu….. sapa tau adah buku bagus, kan bisa di belik besok-besok kalo balik lagi.”

Malaikat baik entah sedang kemana. jadi ya sudah.. Window shopping…!
**kemudian aku muter-muter gak karuan dan membaca banyak sinopsis buku-buku yang membuat nafsu mau beli seribu buku disini menyala-nyala. pada akhirnya tetep gak bisa beli buku. aku memutuskan keluar**

Saat mau keluar, aku ngeliat di katagori buku laris, buku warna hitam yang memanggil-manggil ku. aku memalingkan muka menatap dia. siapa engkau? tanyaku dalam hati. aku menghampirinya kupandangi ia dekat-dekat, kusentuh ia, ku angakat ia dari rak nya.
“Buku hitam, aku merasa sepertinya aku pernah mendengar kemasyuran nama mu?.” tanyaku kepada buku hitam.
“Benar bang, aku lah yang kau dengar itu, bawalah aku pulang bersama mu. bawa aku ke kasir dan pinanglah aku.” bujuk buku hitam pada ku.

kemudian aku baca sinopsis di sampul belakangnya. sejurus kemudian aku langsung merasa jatuh cinta padanya. Cintaku tiba-tiba saja tumbuh.
“Tidak usah banyak pikiran bang, ayo bawa aku ke kasir. aku telah bosan menunggu mu di rak toko buku ini.” kata buku hitam menggoda.

cinta ku makin tumbuh dan meluap-luap. buku hitam mendeteksi rasa cinta ku padanya. kamipun saling berkenlan dan jatuh cinta. Aku berjanji pada buku hitam bahwa ia akan segera ku pinang. Buku hitam senang bukan main.

tiba-tiba !
*gregkh… grekh…grekh….2x. Dompet dikantung celana ku bergetar*

aku ingat, sebelum masuk kemari aku sudah men-silent-kan dompet ku supaya aku tidak terganggau saat keliling-keliling gramedia.
“hmm? ada apa sih, si dompet pake getar segala?” tanyaku dalam hati. Kuambillah ia dari dalam kantung. rupanya ada sebuah email masuk ke dompet. sebuah reminder rupanya.
“alert ! dompet kosong bro !, cepat kau pergi dari sini” kata dompet mengusir dan tak merestui cinta ku pada buku hitam.

kubalas emai nya : “kan ada ATM, Pet.”

Dompet : “Muke gile, lu kira disini ada mesin ATM?” hardik dompet yang udah mulai pake lu gue segala.

aku : “kartu ATM kita kan ada fasilitas debit nya?”

Dompet : “eh, tong.. aku gak bisa bayangin ya kalo manajement anggran finansial yang udah ku susun kau hancur leburkan seenak nafsu mu!!!” balas dompet yang udak naik darah dan mendadak jadi mirip sama pakar financial planing sekaliber Safir Senduk. dompet sepertinya sudah sangat idealis sekarang, tiba-tiba ia menerapkan fungsi controlling yang sangat ketat dan azas konsistensi dalam perencanaan keuangan tinggi sekali.

kututup segera dompet, agar tambatan hati ku, si buku hitam tak ikut membaca email pilu dari sang the best of the best, number one financial planning in the world, itu.

aku tidak punya pilihan selain harus menuruti maklumat dompet yang memang ada benarnya. Aku tersadar terhadap kenyataan hidup ini, aku menitikkan air mata. aku akan mengalami putus cinta dengan buku hitam, hatiku diliputi sembilu musim kering yang amat gersang. cinta ku merana, kandas di tengah toko buku.

Dengan semua gemuruh di jiwa, ku letakkan buku hitam di rak nya kembali. Buku hitam heran. “ada apa bang? kenapa kau letakkan aku kembali?” tanya buku hitam cemas.

aku tak menjawab, dan segera pergi meninggalkan buku hitam beserta cintanya yang melepuh di rak “buku laris”. Buku hitam tidak tau apa yang sedang terjadi pada ku. mengapa aku tiba-tiba pergi meninggalkan nya bersama cinta yang telah di janjikan? mengapa aku meninggalakn nya begitu saja tampa memberinya penjelasan. mengapa? ada apa? Buku hitam heran dan dirundung pilu karena di tinggalkan sang kumbang.

Buku hitam menangis. tak sudi ia aku tinggalkan sendiri. ia menuntut janji manis ku yang barusan ku ikrar-kan di dedepan nya, buku hitam berteriak-teriak pilu memanggil nama ku memohon penjelasa yang detail. aku tetap melangkah keluar, aku tak mau menoleh, ku punggungi ia sembari keluar dari gramedia yang telah menggoda ku. aku memaki diriku sendiri dan menyesal masuk kemari.

sambil menahan tangis aku terus menuju eskalator dan keluar dari PVJ, namun lengkingan teriakan buku hitam memanggil-manggil nama ku masih terdengar hingga ke pinggir jalan. tempat teman-teman ku yang sedang minum kopi karena tidak tahan menunggu ku begitu lama di gramedia.

“abaaaaaaaaaaaan” sebuah teriakan panjang terdengar lalu tak terdenagar lagi. mendengar terikan itu. burung-burung merpati di atap mall PVJ berterbangan ketakutan…
***

setahun berlalu, kini anak-anak itik telah besar, anak kucing juga telah menginjak masa remaja. pepohonan toge telah di tebangi petani toge. aku mulai menua.

suatu hari aku berangkat ke jakarta dan singgah di sebuah mall dekat universitas trisakti. Sialnya disana juga ada gramedia. tak perlu kalian tebak, aku memang tergoda untuk masuk lagi. Tiba-tiba aku teringat dengan satu buku tentang kreatifitas yang kemarin-kemarin sempat ku lihat di BIP Bandung.

“Ah, beli buku itu aja deh, siapa tau di grmedia sini juga ada.” kataku mencari alasan. akhirnya aku masuk ke Gramedia. Masih di tempat yang sama di dekat pintu di katagori buku laris kulihat si buku hitam. cinta lama ku.

Aku terkejut dan segera berlari menghampirinya. betapa kangen nya aku sama dia, kutanyakan kepadanya apa kabar dan bagaimana keadaan Buku hitam sekarang.

buku hitam menatap ku sinis.
“mau apa lagi kau datang kemari, aku sudah muak melihat mu. enyahlah kau dari hadapan ku lelaki gondrong !” Hardik Buku hitam pada ku seperti di sinetron-sinetron.
“tapi….,” aku menyela.
“kau pikir enak menunggu bertahun-tahun disini?” hardik buku hitam judes sekali.
“mau apa lagi kau kemari?” tanya buku hitam jutek.
“um… buku hitam, aku begitu mengagumi kemasyuran nama mu, aku tak menyangka kau masih disini. apa kau masih menunggu ku?” Tanya ku lembut dan hati-hati agar dia tidak tersinggung.

kulihat buku hitam sedikit melirik wajah ku.
“pertanyaan yang tidak membutuhkan jawaban” pekik dia kejam.

rupanya dia sangat benci pada ku semenjak kejadian tempo hari saat buku hitam kutinggalkan begitu saja di PVJ. aku tak sanggup lagi melihat tingkah buku hitam pada ku. ku katakan ini pada buku hitam.
“aku kemari untuk membeli buku kreat…..,” Belum selesai aku bicara buku hitam sudah marah lagi.
“oooh, jadi gitu. kau mau beli buku lain. sialan kau…! ya sudah, tunggu apa lagi? pergi sana… kau beli saja buku kreat.. itu. tentu dia lebih masyur dari aku.” jawab buku hitam cemburu.

Aku menatapnya dalam. Buku hitam terus-terusan merepet dan aku mulai tersenyum padanya. Tiba-tiba pipi buku hitam menjadi merah merona. aku tahu dia pasti masih cinta pada ku.
“heh, kriting kenapa kau tersenyum?” tanya buku hitam.
“buku hitam, aku tidak akan membeli buku kreativitas. aku akan membawa mu mulang hari ini.” kata ku dengan teknik menggoda nomor 15 yang ku baca di buku panduan membeli buku.

seperti yang kuduga, buku hitam masih menyisahkan 381 lembar cintanya pada ku. Buku hitam pun tersipu malu, dan cintanya berhasil kudapatkan lagi, kamipun berpelukan dan hidup bahagia selamanya.
Photo0483
Photo0481
#NgasahKreatipitas

Merindukan suasana ramadhan Masjid Salman ITB


Masjid Salman
Masjid Salman ITB Tampak Depan
Sumber : sinurhasanah.wordpress .com

Ah, sayang sekali setahun yang lalu aku kurang suka ngeblog, jadinya ya… foto-fotonya ku ambil dari tempat/blogger lain. kalau dari dulu uda suka ngeblog pasti ku ambil sendiri foto-foto itu. tapi foto-foto yang ku ambil cukup mewakili suasana nya kok. Smile
***
Ngabu Burit
Sore hari sebelum magrib setahun yang lalu di Masjid Salman ITB, aku dan teman-teman duduk di Selasar Hijau Masjid Salman menunggu berbuka sambil mendengarkan acara inspirasi ramadhan. Saban sore aku dan teman-teman memang senang datang kemari untuk dapat menikmati acara ini. Kebetulan kosan ku tidak terlalu jauh dari ITB. kenapa acara ini menarik? karena Panitia mengundang pembicara-pembicara inspiratif seperti (waktu itu) bapak Ilham Habiebie (putra B.J. Habiebie), Dahlan Iskan dan pembicara inspiratif lainnya. Inilah enaknya kalo hidup di lingkungan kampus, banyak sekali inspirasi yang berterbangan di sekitar kampus. terlebih saat itu di ITB.

Sudah sangat sering ITB dan lembaga-lembaga yang ada di dalamnya mengundang tokoh-tokoh inspirasional dalam acara yang mereka buat. ini menguntungkan masyarakat yang ada di sekitar sana. Nah, Ketika ramadhan titik publik yang sangat relijius dan paling semarak ramdhannya se jalan Genesa ya masjid salman ini. Sudah menjadi ritual masjid salman ITB yang akan selalu mengeluarkan pesona, nuansa, dan semarak ramadhan yang selalu menyenangkan dan kondusif untuk aktifitas ibadah.
gerbang salman
Seorang akhwat cantik sedang berfoto di-
semacam ‘selamat datangnya’ Masjid Salman ITB
sumber : beranda-pelangi.blogspot.com

Pagi hingga malam masjid kecil, bersih, hijau, dan adem ini selalu dipenuhi aktifitas-aktifitas keagamaan. Sepanjang tahun salman penuh aktifitas, namun ketika ramadhan kegiatan nya memang lebih padat lagi.
Yang menikmatipun tidak hanya orang tua. Anak-anak kecil juga punya program ramdhan disini. semua kegiatan ramadhan disana motori oleh panitia-panitia disana yang sepertinya kebanyakan adalah mahasiswa ITB. Tahun kemarin aku melihat anak-anak yang sedang lomba menggambar di halaman masjid salman. Anak-anak itu kelihatanya senang sekali, orang-orang dewasa yang menonton mereka di teras tangga sesekali kulihat tersenyum dan tertawa geli melihat tingkah anak-anak itu.

anak-anak disalman
Ilustrasi : kegiatan anak-anak di halaman Masjid Salman
sumber :
nursih-dwi.blogspot.com
Budaya Kurma
Yang menarik adalah budaya pembagian kurma sebelum berbuka. Akan ada 1-3 orang (panitia) yang membawa kardus berisi bungkusan plastik yang di isi 3-4 butir kurma. Mereka akan menyebar keseluruh penjuru salman untuk membagikan kurma pada siapapun yang ada di sekitar Salman. Ada satu nilai-nilai moral yang aku saksikan disini. Karena biasanya yang berkunjung untuk berbuka puasa banyak, terkadang stock kurma bisa habis. dan petugas pembagi kurma bisa saja lupa udah kesiapa aja ia membagikan kurma-kurma. Maka bisa saja ada potensi untuk bisa mendapatkan kurma dua kali. Namun, tidak jarang aku melihat mahasiswa dan orang-orang disini menolak saat di tawari untuk yang kedua kalinya oleh panitia, mereka menolak dengan menunjukkan kurma yang sudah di dapat. Tentu sikap itu di tujukan untuk memberi peluang agar teman-teman lain yang belum kebagian bisa dapat jatah. Mereka seperti menyadari teman-teman seperjuangan mahasiswa yang lain juga butuh takjil. mereka berpuasa juga. memang sudah tidak diragukan lagi jiwa kebersamaan anak-anak ITB kuat sekali.

Indahnya kebersamaan : Menyantap takjil kurma dan
segelas tehmanis hangat bersama-sama
sumber: salmanitb.com
Tetapi tidak hanya mahasiswa, tombol persaudaraan dan saling berbagi semua orang disini sepertinya dalam modus ON semua. (Hal yang sama kulihat di Masjid Daruttauhid Geger kalong : lebih dikenal masjid di dekat pesantren nya AA Gym). kembali ke salman, Pernah suatu ketika aku dan teman-teman duduk menunggu berbuka di tempat duduk batu dekat menara masjid salman. Selain kami dan teman-teman mahasiswa yg sedang menunngu azan disitu, ada satu keluarga yang setiap hari memang kulihat selalu datang kemari menikmati nuansa berbuka di salman, sepertinya mereka adalah keluarga kaya. Kami disana yang sudah menggenggam 3 butir kurma dan segelas teh hangat manis sudah gembira dan siap-siap untuk “ALLAHUMMA LAKASHUMTU”. tinggal tunggu waktu saja azan magrib akan dikumandangkan.

Beberapa detik sebelum azan magrib berkumandang ibu dari keluarga itu menghampiri kami semua beliau membagikan kami semua yang duduk di batu itu kue-kue yang ia bawa dari rumah. Menawari kami dengan tawaran yang amat ramah dan penuh emosi berbagi yang tulus, emosi tulus itu bisa aku rasakan. Rasanya itu seperti iklan rokok djarum khas bulan ramadhan. Pernah lihatkan iklan rokok ramadhan itu? bagi kita yang perantau dan bagi mahasiswa yang mungkin kehabisan uang ini sangat menyentuh. aku bahkan merasa dia seperti ibu ku saja. Suasana disini terasa penuh persahabatan dan kekeluargaan. Aku merasa disatukan pada semua orang disini oleh Islam.
batu sekitar menara
Tempat duduk disekitar menara Salman yang jadi langganan
aku dan temen-temen menikmati santapan takjil.
sumber : teh-cici.blogspot.com
Maskot-maskot yang lucu kemeriahan ramadhan di salman rasanya kurang semarak jika tidak hadir maskot-maskot lucu yang sengaja Reborn saat ramadhan tiba. Tahun lalu, kali pertama aku berjumpa dengan Rama dan Mada. dua maskot super imut menggemaskan yang suka usil yang hobinya berkeliaran di sekitaran salman sepanjang hari tidak siang tidak malam. kadang-kadang mereka menjahili panitia P3R (panitia ramadhan di salman) dan sering ngajak berantem-beranteman. mereka kadang-kadang juga sok-sok ikutan dalam acara yang sedang berlangsung. Orang-orang dewasa yang berjumpa dengan mereka tidak tahan melihat keimutan meraka apa lagi anak-anak, mereka sering di kejar-kejar oleh anak-anak dan di peluk-peluk. mereka juga tidak pelit kalo di ajak foto bersama. suatu hari aku melihat mada yang menunjukkan gelagat malu-malu saat cewek-cewek ngajak dia foto bersama.
mada1
mada2
si Mada
sumber : fa100295.blogspot.com



rama 5 maskot salman
si Rama yang gendut
sumber :heraminerva.blogspot.com
Satu hal lagi yang membuat semua orang tertawa geli adalah satu kejadian rama dan mada kejar-kejaran. rama yang gendut itu di kejar oleh si mada. karena badan rama gendut jadi badannya jadi goyang-goyang lucu begitu ditambah lagi dia terpaksa mengankkat sarungnya saat lari. tingkah mereka yang imut itu sangat menghibur masyarakat salman. banyak yang terpingkal-pingkal saat itu.

Penceramah Ilmuan
Saat mengikuti shalat tarawih di Salman ITB, aku menemukan suasana dan konten ceramah yang benar-benar berbeda. pernah suatu kali seorang Profesor memberikan ceramah. cara beliau menyampaikan ceramah bener-bener anti mainstream. beliau menggunakan proyektor dan tidak berdiri di mimbar melainkan menyampaikan materi layaknya sedang presentasi. ia membawa ilmu manajemen, psikologi, dan sains kedalam konten ceramah nya yang ujung-ujungnya tetep relijius. menurutku ini memang bener-bener keren!



Ceramah Tarawih anti mainstream
Oiya, Masjid salman itu tidak hanya untuk mahasiswa ITB loh, ia hadir untuk umat. selain mahasiswa, pelajar-pelajar sekolah menengah, bahkankan kakek-kakek juga banyak yang  hadir kesini dan kalau sudah 10 yang akhir dibulan ramadhan banyak yang mengambil program I’tikaf di sini.

halaqh
Halaqah-halaqah pemuda muslim di serambi masjid salman
sumber :republika.co.id

rapat
Rapat dan diskusi yang sering terjadi di salman
laki-laki- dan perempuan tidak berkumpul jadi satu.
sumber : tribunnews.com

suasana I’tikaf di dalam masjid salman
sumber: salmanitb.com

Jamaah-Itikaf-Salman-ITB
Jama’ah I’tikaf Masjid Salman ITB
sumber :kisahrasulnabisahabat.blogspot.


salah satu spot yang kusuka - kursi panjang depan pustaka Salman
sumber: salmanitb.com



yah, begitulah keseruan dan semangat kebersamaan, semangat berbagi dan nuansa persaudaraan yang ada di Masjid Salman ITB

Jaringan ‘MC D’ nya Palestine.


Ini adalah fitur tambahan untuk tulisan ini, jika koneksi internet anda bagus, anda bisa klik play. Aku tertegun melihat teman-teman yang terus-menerus menyebarkan berita tentang Palestine di Facebook. Sejumlah headline berita online bahkan menuliskan kata-kata yang menyeramkan : “Hari ini Israel tembakkan 160 Roket ke Gaza” Atau “Korban serangan israel di gaza lebih dari 70 orang dengan 780 sasaran” sementara itu foto-foto tentang orang orang yang hangus, bagunan-bangunan yang hancur, anak-anak yang kakinya menjadi buntung dan hancur, ada juga yang kepalanya meledak terkena senjata dan entah apalagi terus menerus beredar. Pilu sekali.

Begitu kaya nya israel sehingga persediaan roket-roket itu seperti banyak sekali di negara kecil ini. Dengan apa mereka membelinya? Beberapa minggu yang lalu saya sempat membaca di portal BBC tentang kemajuan di negara ini dengan proyek-proyek futuristik yang luarbiasa sekali.

Sementar sistem pertahanan terkenal israel yaitu Iron Dome yang luar biasa canggih dengan job desk tak lain membentengi negara ini dari roket-roket balasan yang menuju Negaranya terus menerus menghiasi berita yang terkesan negara ini lah yang memenangkan pertempuran, israel lah yang berkuasa dengan sistem persenjataan nya yang canggih dan seakan berkata:

“hey Palestine ! kau terlalu kecil untuk menyerang kami. Cuih....”

Ada juga berita-berita yang mengatakan bahwa perusahaan-perusahaan besar di dunia terafiliasi dengan israel dan menyediakan sebagian keuntungan perusahaan yang siap di kirim untuk negara ini setiap bulan nya. Jika seandainya israel punya perusahaan-perusahaan di seluruh dunia yang mengirimi negara mereka uang, semoga palestine punya saudara muslim yang mengirimi mereka uang doa dan segala macam bantuan. seharusnya kita lah yang jadi jaringan "MC D" nya Palestine...

konon lagi israel….Ah, sudahlah. Tak perlu lagi aku menulis fitur unggulan israel. Kenyataan nya Palestine sekarang lah yang perlu kita perhatikan.
Apa yang bisa kita lakukan?
Lihatlah foto-foto di bawah ini, kamu akan tau apa yang seharusnya kita lakukan....


dalam gambar di atas, mungkin rasa sakit yang dirasakan anak itu seperti
daging kita yang di belah hidup2 atau lebih sakit lagi

Gambar di atas tentu bukan film atau komik




kira2 apa yang terjadi jika yang melihat ledakandi atas
adalah KITA yang sedang terperangkap diantara incaran roket2 penghancur?


kalau kamu ibunya, apa yg sedang kau katakan
pada anak yang sedang sekarat ini




sebuah karikatur yang tempaknya relevan jika di tujukan ke liga arab

Dan entah kemana organisasi-organisasi dunia?

sementara itu, di beberapa tempat di dunia banyak manusia yang ambil bagian. Berpartisipasi, peduli, dan melakukan ini....

di Istanbul - Turki

di Kanada

di New York

Scotlandia

di yaman
Layakkah kita hanya diam?



jika tidak layak, seharusnya kita bisa lakukan sesuatu...


Bantuan dana - jika kamu tidak punya rekening Bank ini
bisa di cari beberapa lembaga yang menyediakan rek sesuai
Bank account yang kamu miliki
 Dan doakanlah mereka dengan doa terbaik, terkhusyuk, yang bisa engkau lakukan,


*Foto-foto ini di ambil dari http://www.veooz.com/media/vHJ_t7O/gallery dan beberapa teman Facebook.

Cara Mengobati Kutu Air dengan Pengobatan Tradisional dan Obat Kutu Air Modern yang Gampang dan Murah


Beberapa Obat Kutu air yang terbukti manjur 

OBAT KUTU AIR akan banyak dicari saat musim hujan yang biasanya menimbulkan banyak genangan air kotor di jalanan. Penyakit kutu air ini bisa sangat menyebalkan dan sangat menggangu aktifitas akibat rasa gatal luar biasanya yang di timbulkan. Biasanya kutu air banyak menyerang di bagian sela-sela jari kaki dan dalam sebagian kasus menyerang jari tangan. Jika kondisinya parah, penderitanya malah lebih menderita lagi akibat timbulnya rasa perih jika lukanya terpapar air. 

obat kutu air
Obat kutu air


pengobatan tradisional masih banyak dipilih masyarakat sebagai alternatif cara mengatasi kutu air. Saya akan beritahu beberapa obat tradisional kutu air dan obat kutu air modern yang pernah saya coba dan beberapa rekomendasi dari teman-teman saya yang salah seorang diantaranya adalah seorang dokter. Obat kutu air yang saya coba ini alhamdulillah terbukti manjur. Obat ini bisa di pakai sebagai obat kutu air di kaki atau kutu air di tangan. 

Obat kutu air
Obat kutu air

Obat tradisional kutu air yang super manjur 

Anda bisa pilih salah satu obat kutu air tradisional yang paling dekat dan gampang di dapat di sekitar anda. Dibawah ini saya sajikan beberapa yang sudah saya coba dan dengar langsung testimoninya. 

1. Getah daun jarak
Obat tradisional kutu air
Daun Jarak - Obat tradisional kutu air
Saya dapat resep ini dari teman saya yang berasal dari Bireun – Aceh, ketika saya terserang kutu air. Kebetulan saat itu lagi musim banjir dan mau-tak mau saya sering terpapar/melewati genangan air yang kotor. Karena sering sekali terpapar air kotor saya kena deh kutu air terparah yang pernah saya alami dalam hidup saya. Kutu air menyebar luas sekali dari sela-sela ibu jari kaki-sampai kelingking bahkan sebagian ada di telapak kaki, pedih sekali. saya coba deh obat kutu air getah daun jarak. Pagi saya olesi, sekitar siang-sore kutu air langsung mengering. Hebat sekali. tapi getah jarak ada kelemahan nya. Kalau seandainya sebentar-sebentar kita terkena air maka getah akan hilang dan proses pengobatan bisa terganggu akibat getah yang hilang terkena air. Anda bisa menambahkan minyak kelapa untuk mengatasi masalah ini, namun jika minyak kelapa sulit di dapat coba cara lainya dibawah ini. 


2. Madu
Obat tradisional kutu air
Madu - Obat tradisional kutu air
Ini saya lansir dari website sahabat saya Aci, founder bakulgratis.com. saya sendiri belum pernah mencoba obat kutu air yang ini, namun sepertinya dia pernah sukses melenyapkan penyakit kutu air yang menyerangnya. Seperti halnya getah jarak, cara menggunakannya obat kutu air ini adalah dengan mengolesi kutu air dengan madu dan tunggu ia mengering.
Apa anda Kesulitan mendapatkan madu ? ayo baca lagi, siapa tahu di bawah masih ada lagi bahan-bahan yang mudah di dapat disekitaran rumah. 

Obat kutu air modern murah dan mudah di dapat.

Sebagai alumni kutu aires, he he he . Saya akan merekomendasikan Obat kutu air yang merupakan hasil rekomendasi pula dari Kak dokter kepada ku saat saya terserang penyakit kutu air. Saya menggunakan jenis obat salep kutu air yang gampang di temukan di warung-warung sekitar rumah atau di apotik terdekat. Sebelum saya mencoba obat kutu air ini, saya juga sudah nyoba obat salep canesten namun hasilnya masih mendingan obat mungkil luar biasa ini walaupun penampakan nya kurang menggairahkan. Inilah obat salep kutu air itu: 

Obat Salep Kutu Air Cap 88

Selain harganya yang murah yaitu sekitar Rp.6000,- . Obat salep kutu air ini sangat cocok saat musim banjir dimana kita tidak dapat menghindari atau mau tak mau harus terpapar air (kotor), yang merupakan penyebab munculnya kutu air. Kenapa obat salep kutu air ini cocok? Karena obat kutu air ini mengandung sejenis minyak yang sangat efektif untuk membentengi kulit dari air. Sebagaimana kita tau minyak dan air tidak dapat menyatu bukan? 

Cara megobati penyakit kutu air dengan obat saleb kutu air :
1. Oleskan saja sampai rata di seluruh luka
2. Biarkan saja, nanti akan ada sensasi mint yang akan kamu rasakan
3. Karena keemasan obat ini kecil, kamu bisa bawa kemana-mana. Oleskanlah setiap kali minyak di kulit terlihat sudah agak mengering.
4. Oleskan terutama jika akan melewati banjir atau genangan air atau berada lama di genangan air
5. Nanti kamu akan melihat bekas kutu air akan mengelupas dan digantikan dengan kulit baru yang lebih mulus. 

Nah, inilah beberapa metoda yang sudah saya coba dan satu buah tambahan dari sahabat saya Aci. saya harap ini bisa membantu anda mengatasi kutu air sepenuhnya dan menambah penngetahuan seputar obat kutu air.