Ini adalah salah satu pengalaman dari seorang kaskuser yang sempat tertipu saat mencari kerja. Banyak nya orang yang butuh kerja membesarkan...

Butuh kerja? Awas modus penipuan ini

gratisographydotcom(permenkaret)Ini adalah salah satu pengalaman dari seorang kaskuser yang sempat tertipu saat mencari kerja. Banyak nya orang yang butuh kerja membesarkan peluang penipuan di sektor ini. Ada baiknya kita tahu bagaimana sebenarnya pola penipuan dalam dunia recruitment agar kita bisa terhindar dari kerugian penipuan ini.

***

Untuk agan-agan yang sedang mencari kerja, harap hati-hati karena sekarang banyak modus penipuan yang mengatasnamakan Manager HRD di Perusahaan yang agan lamar. Biasanya langkah-langkah penipuannya adalah sebagai berikut :


1. Si penipu akan mengirimkan SMS ke No Hp agan bahwa Undangan Recruitmen Calon karyawan sudah dikirim ke email agan.(Surat Undangan sangat detail, Kop Surat, Logo, Narasi dll sangat rapi)

2. Di Surat undangan tersebut, agan akan di undang untuk proses recruitmen Perusahaan tersebut di Luar daerah yang sudah ditentukan.

3. Semua biaya perjalanan agan akan di tanggung oleh perusahaan tersebut.

4. Agan akan di suruh konfirmasi ke nomor telepon yang tertera di surat undangan.

5. Si Penipu sudah menunjuk travel perjalanan agan (sudah tertera di surat undangan).

6. Agan akan diarahkan untuk transfer uang dengan dalih biaya tiket pesawat pulang pergi + tool Kit + Seragam + hotel untuk proses wawancara.

7. Si Penipu akan bilang nanti bukti transfer harap ditunjukkan di tempat proses recruitmen untuk penggantian biaya perjalanan tiket agan.

8. Harap hati-hati karena semua itu adalah penipuan.

Untuk menghidari, hal- hal yang agan perlu lakukan adalah :

1.Perhatikan dulu nama PT,perusahaan yang akan dilamar, misal lowongan kerjanya dari perusahaan besar, tapi emailnya gratisan (yahoo,dll)  secara logika kan g mungkin, masa perusahaan segede petronas emailnya pake domain yahoo.

2.Cara melamar menggunakan fasilitas hp,jika anda melamar sekarang,dalam hari itu juga anda menerima balasannya, sering SMS calon korbannya (melebihi keadaan yang normal, bahkan calon pelamar sendiri bisa risih dengan seringnya menerima SMS dari perusahaan tersebut). nah di sini ada persaingan diantara mereka sendiri dalam mencari korban. Ini karena, komisi hanya didapat jika bisa berpromosi dan mendapatkan korban baru. Tidak ada korban, tidak ada komisi. Jadi nama pada surat lamaran kerja wajib dicantumkan. Mereka berebutan membuat di info iklan gratis , dikarenakan situs ini juga gratis, mudah, tanpa verifikasi admin dan lain-lain.


3.Biasanya di tempatkan di luar pulau/ jauh dari kota (contoh: perusahaan batubara dll)


4.Kantor dan alamat pada saat tes wawancara Tidak jelas/tidak sesuai dengan kriteria pekerjaan.
5.tidak ada differensiasi seperti pengalaman kerja/jabatan antara lulusan SMA/K, D3, S1, Semuanya punya peluang yang sama. Ini menunjukkan bahwa perusahaan tersebut tidak professional. Ini patut dicurigai, perusahaan tersebut adalah perusahaan abal-abal.

6.Dan yang terpenting adalah, jangan pernah mau untuk diminta biaya,Komisi/seminar/pembelian produk/biaya travel,dll,(Modus dan alasannya terus berkembang dan
memaksa).karena perusahaan yang benar tidak pernah meminta biaya sepersenpun dari calon kariyawan.

7. Segera menghubungi no telepon perusahaan yang agan lamar untuk konfirmasi. (lihat no telepon di website perusahaan tersebut jangan di kop undangan yang di kirimkan ke agan karena kemungkinan no telepon di kop surat sudah di edit oleh si penipu).

8. Cek alamat pengirim surat undangan rekruitmen. biasanya si penipu menggunakan email yang mirip / sama persis dengan email perusahaan. (biasanya, email yang dikirimkan perusahaan adalah recruitmen_nama perusahaan.

sumber

0 komentar: