Sudah aku putuskan. jika seandainya aku ngak punya ide tulisan untuk ngeblog, aku berniat membuat tulisan tentang akuntansi saja. Tujuan ny...

Dasar-dasar Akuntansi Perusahaan Dagang : Preview

Sudah aku putuskan. jika seandainya aku ngak punya ide tulisan untuk ngeblog, aku berniat membuat tulisan tentang akuntansi saja. Tujuan nya sih simple aja, untuk dokumentasi dan supaya aku ngak lupa sama matakuliah akuntansi yang dahulu udah di pelajari, sekedar mereview. Wah, barusan aku jadi teringat ada Quote yang berbunyi begini : “Menulis sama dengan enam kali membaca”  hi hi hi…

Dan bagi para pengunjung blog Hijaunya Dunia yang barangkali berprofesi sebagai (mahasiswa atau pelajar jurusan akuntansi) yang kebetulan mampir di blog ini untuk nyari-nyari bahan, semoga secuil tulisan tentang Dasar dasar akuntansi perusahaan dagang ini bisa memberi secuil manfaat. –semogaaaaaaaaah.

Accounting Principle : Perusahaan Dagang
Sumber : Youtube.com

Akuntansi Perusahaan Dagang

pertama-tama mungkin dimulai dari pertanyaan yang paling awal dahulu: Apa sih bedanya akuntansi perusahaan dagang sama akuntansi perusahaan jasa?
Sebenernya letak perbedaan Akuntansi perusahaan dagang dan akuntansi perusahaan jasa itu terletak pada aktivitas nya (kegiatan nya). Perusahaan dagang melakukan kegiatan pembelian, dan Penjualan (Barang dagang) untuk mendapatkan keuntungan (profit), sedangkan perusahaan jasa aktivitas nya menawarkan dan menjual jasa nya untuk mendapatkan profit. Aktivitas untuk mendapatkan keuntungan Beda !
Kalo untuk pencatatan transaksinya pada dasarnya sih sama aja, tetapi karena perbedaan kegiatan perusahaan di atas, jadinya ada sedikit penyesuaian akun dimasing-masing perusahaan. Perbedaan akun yang mencolok akibat perbedaan aktivitas ini adalah: Di perusahaan dagang ada akun Pembelian, Penjualan, harga pokok penjualan, terus ada juga akun persedian barang dagang.
Akun-akun ini menjadi akun-akun yang sering di jurnal dan jadi aktivitas harian akuntan di perusahaan dagang. bagaimana cara menjurnalnya ? saya akan berikan cara menjurnal akun-akun yang ada dalam siklus akuntansi perusahaan dagang ini. Nah, supaya agak lebih gampang di cerna maka saya akan buat laman sendiri-sendiri untuk setiap pembahasan dan contoh transaksi untuk masing-masing akun. Daftarnya sudah saya susun dibawah ini :

Cara menjurnal akun-akun khusus pada siklus akuntansi perusahaan dagang:

  1. Pembelian
  2. Penjualan
  3. Harga Pokok Penjualan (HPP)
  4. Penyesuaian Barang Dagang
  5. Jurnal Penutup
  6. Contoh Soal + Jawaban 

0 komentar: