Hari rabu kemarin saya pergi ke Jakarta Selatan untuk  menghadiri workshop SMB Day 2014 (Small Medium Business Day 2014) yang di selengg...

Oleh-oleh dari SMB Day 2014 (1)

Hari rabu kemarin saya pergi ke Jakarta Selatan untuk  menghadiri workshop SMB Day 2014 (Small Medium Business Day 2014) yang di selenggarakan Bhineka.com bekerja sama dengan Microsoft indonesia. Acara ini mengutarakan tema “Accelerating Performance by Modernizing Your Business Tolls”. Ada demo produk dan banyak pembicara dalam workshop ini seperti ; Peter Lydian (SMS & P Director dari Microsoft) – Hendrik Tio (CEO Bhineka.com)  – Indra Sosrodjojo (CEO Andal Software) penampilan dari beberapa orang technical team Microsoft dan Bhineka.com dan perwakilan dari vendor brand  Hewlett Packard (HP). 


Malam hari sebelum acara ini, aku ngubek-ngubek google map untuk nyariin tempat hajatan.  Maklum aku kan dari udik, belum ngerti Jakarta. Hehehe. Setelah wara-wiri naik busway,  akhirnya aku sampai di gedung yang mirip wafer ini :
jreng ! 

Hotel Royal Kuningan Jakarta Selatan (dari samping) 

Acara ini di bagi menjadi dua sesi yaitu jam 8-13 (seminar) dan 13-17 adalah sesi kelas khusus (Breakout sesion) yang hanya tersedia dua kelas. Kelas ini banyak mendemokan beberapa fiture teknologi teranyar dari Microsoft. Sayangnya  quota kelas breakout sesion ini hanya di batasi untuk 40 orang yang beruntung saja untuk masing-masing kelasnya (siapa cepat daftar, dia dapat). Dan aku masuk dalam katagori yang belum beruntung. :’( sedih juga.. 

Anyway, aku tuliskan saja beberapa hal yang kudapatkan dari sesi seminarnya. 

Seminar ini ternyata dihadiri oleh banyak programmer dan orang-orang IT,  atau staff perusahaan tertentu dari lintas departemen. Sedangkan untuk pemilik UKM sendiri sepertinya sangat sedikiti. Seperti yang sudah tersampaikan di atas , acara ini menghadirkan banyak pembicara tapi aku hanya membuat catatan terhadap beberapa yang menarik perhatian ku saja. Selebihnya aku benar-benar tidak mengerti  terhadap apa yang mereka bicarakan. ha ha ha... 

Soalnya begini kawan, ada beberapa pembicara yang ngomongin masalah yang sangat teknis, seperti bapak-bapak  mechanikal team dari Microsoft yang ngomongin tentang Windows server R2. Bahasanya dan istilahnya teknis sekali, tau apa aku tentang server?  Seingat ku, dulu aku pernah juga ikut kuliah Networking (Jaringan) 2 SKS yang ngomongin sharing data, kabel-kabel semisal  RG45, kabel UTP, HUB, dll. Tetapi ya sebatas dasar-dasar saja dan ngak mendetail sampe kebagian daleman dan proses yang terjadi didalam server dan komponen-komponennya. (red -  pembaca yang budiman, ceritanya si bloger keriting ini dulu belajar kung fu di jurusan accounting, makanya  untuk saat ini dia fakir ilmu Server – ngak usah di peduliin, kita lanjutkan saja ceritanya). 
 
By the way anyway busway, ayo kita cari tau apa sih yang berhasil di dapatkan blogger udik dari pedalaman Nagan Raya ini dari para keynote speker itu. 

  • Peter Lydian (SMS & P Director dari Microsoft)
Mr. Petter menggaungkan topik pembicaraan tentang tiga poin penting mengenai strategi perusahaan yaitu; menaikkan omset, kontrol biaya, dan menurunkan harga modal. Tentu saja penekanan beliau terletak pada penggunaan alat teknologi kerja (sesuai tema seminar ini). Beliau menceritakan bagai mana alat yang modern jika termanfaatkan dengan tepat maka akan menyentuh ketiga poin yang ia sampaikan (menaikkan omset, kontrol biaya, dan menurunkan harga modal). Ada sebuah sudut pandang baru saat beliau menceritakan tentang seorang staff IT yang yang setelah melakukan pemikiran panjang, akhirnya punya gagasan/ strategi menurunkan budget IT nya sebesar 30%. Namun boss nya malah ngasi tantangan bagaimana kalo budget IT mu saya tambah tapi bisa menambah pendapatan saya 10%.  (presentasi Mr. Peter sangat singkron dengan pembicara no.2 dan no.3 yang bisa di klik berikut ini: 


 

0 komentar: