Tulisan [Bag 1] ada disini , :: [Bag 2] ada disini :: Assalamu’alaikum Teman-teman. Wah ! sudah sampai di bagian ke tiga aja nih. Sebelu...

Catatan Evaluasi Beruang Madu 2014 : Elemen Bisnis yang Belum Optimal [Bag 3 –Sales]

Tulisan [Bag 1] ada disini, :: [Bag 2] ada disini ::
bag3
Assalamu’alaikum Teman-teman. Wah ! sudah sampai di bagian ke tiga aja nih. Sebelum dimulai sebagi review kita lihat dulu lagi List yang dibuat Bang Dirga tentang item-item apa aja yang perlu diperhatikan untuk kesuksesan bisnis :
  1. Sistem Kontrol
  2. Marketing
  3. Sales
  4. Riset dan Penegembangan
  5. Produksi/ Packaging
Okeh, bagian ketiga akan ngomongin penerapan fungsi sales di usaha kecil menengah kami : Beruang Madu
apa fungsi sales kalo kata Bang Dirga?
Sales itu tugasnya memenuhi permintaan, Otomatis berhubungan dengan (1) closing [ini teknik berjualan agar pelanggan segera bertransaksi dengan penjual], (2) Follow up [ini juga teknik berjualan], Up sell [ini istilah baru bagi ku, aku kurang ngerti juga. tapi kayaknya ini masih ke jenis teknik berjualan]. Cross Sell (teknik berjualan). Dan segala hal tentang jualan lainnya.  Sales sering di istilahkan dengan ujung tombak perusahaan karena berhubungan langsung dengan potensial  buyer.
::Penerapan pada beruang madu::
kalo di pas-pasin ke beruang madu. sales ini berarti karyawan kami. karena dia yang berhubungan langsung sama pelanggan. tapi apakah mereka punya kemampuan eksekusi closing yang jitu? kemampuan cross selling? atau direct selling? ini belum pernah kami uji. dan pakai parameter apa juga belum kami temukan.
wah, selama ini ternyata tugas mereka cuma bersihin kios dan melayani pelanggan saja. Sebelum ini kami benar-benar tidak berfikir bahwa mereka harus punya kemampuan berjualan yang baik. hemm…. Kayaknya harus di training ne yah? (owner nya jugak)
owner dan karyawan kayaknya harus belajar teknik-teknik jualan semisal cros selling, cara agar cepat closing dan teknik jualan lainnya.
ah, bersambung lagi ah……
*Sambungan nya besok ada disini

0 komentar: