Di pulau jawa sedang terjadi musim pancaroba, cuaca sangat tidak menentu. Rawan sekali terserang sakit, dan sudah tiga hari ini saya terse...

Pengalaman mengobati flu demam radang tenggorokan

Di pulau jawa sedang terjadi musim pancaroba, cuaca sangat tidak menentu. Rawan sekali terserang sakit, dan sudah tiga hari ini saya terserang flu, kemarin sepertinya adalah puncaknya. barangkali ini dimulai dari paparan debu-debu yang sangat extreme yang bertebaran disekitar ‘habitat’ saya.  

Sehari setelah paparan debu extreme, saya terserang radang tenggorokan. Nah, kalau sudah begini ngak cepat-cepat di tangani biasanya memang langsung sakit. Biasanya sih sebagai langkah prefentive (pencegahan) kalau udah terasa ada gejala radang tenggorokan aku langsung minum enervon-c untuk ningkatin daya tahan, dalam bebebrapa kasus ini berhasil, tapi kalau telat dikit aja biasanya gagal.
Okeh, aku akan cerita jika usaha preventive ku gagal.

Setelah tenggorokan sakit seharian, besoknya pasti aku akan bersin-bersin. Kalau udah bersin-bersin ini yang repot. Nah berhubung flu adalah sakit yang musiman, aku kenal betul fase-fasenya jika menyerang aku. Oleh sebab itu aku bisa menggambakan flowchart sederhana nya seperti dibawah ini:

flow-chart-penyakit-flu


Biasanya saya membeli obat di warung saja insya ALLAH sudah sembuh. Tetapi, untuk sakit kali ini setelah tiga hari tak kunjung membaik. Maka saya cari info kesana-kemari. Nah, kebetulan salah satu crew radio tempat saya siaran ada yang berprofesi sebagai seorang dokter, maka dari itu saya minta rekomendasi dari kakak dokter andalan se radio selaweut FM.
 
dr.Diah Qudsiah (nama on air sang dokter).

Maka sang kakak ku SMS begini:
 --------------------------
“kak, rekomin obat dong. Aku lg flu, ud minum obt 3 hri gk smbuh2.
3 hri yg lalu aq radang tenggrokan
sehari kmudian bersin2 tpi gak btuk.
saat fase bersin (maaf) ingus masih bening, tp mulai td pagi ud berdahak.
dan hari ini kepala uda mulai agak pusing dan badan mulai hangat.
Suara juga uda metamorfosis dari merdu ke monster ne...
Waduh...”
--------------- 

Dari keterangan yang kuberikan, aku berharap itu cukup konprehensif (lengkap) untuk memudahkan proses diagnosa si kakak.

Muncullah jawaban ini, tapi ingat ya ini redaksionalnya ku ubah supaya bahasanya gaul dikit:

---------------------
“eh, tong. Ini saran gue yang terbaik buat elu ye. Minum aja madu pake aer anget. sama jangan lupe minum aer putih banyak-banyak sama istirahat yang cukup. Tapi kalo elu mau minum obat ya elu bisa pake obat ini:

Paracetamol : entu obat untuk nangani pusing ame demam (3x1)
Cetrizin : ini ramuan untuk idung gatal/bersin (2x1)
Ambroxol : buat  memudahkan keluar dahak (3x1)
Vitamin : ape aje terserah elu (mungkin maksudnya sejenis vitasimin dkk)

Elu beli aja yang generik ya....”

------------------------
Ku ingatkan sekali lagi, gaya bahasa di atas telah melalui perubahan redaksional untuk menyentuh kalangan muda ! :D

Nah sebagai wahana menambah ilmu pengetahuan kita, ada baiknya kita sedikit mengenal lebih dalam obat-obatan di atas yuk..:

Paracetamol : 
struktur kimia paracetamol
diambil dari wikipedia
Paracetamol masuk dalam golongan obat yang di gunakan sebagai penahan rasa sakit atau istilah medisnya dikenal dengan golongan obat analgesik selain itu dia ini adalah obat yang punya kesaktian menurunkan suhu tinggi menjadi kembali normal (antipiretik). Dibandingkan dengan obat-obatan lain Paracetamol bisa dibilang sangat pupuler sekali (ngartis). Obat ini biasanya mejeng di resep dokter pada kasus orang yang sakit kepala, demam, dan flu.

Paracetamol sebenernya adalah nama singkatan, nama lengkap beliau adalah :
American : N-asetil-para-aminofenol asetominofen
Inggris       : Para-asetil-amino-fenol paracetamol

Dan kalau kamu search di google asetaminofen maka yang bakalan muncul adalah si parasetamol. (sumber)

Next....

Cetrizin:
Obat kedua selanjutnya adala cetrizin. Untuk obat ini aku agak susah menemukan situs web yang layak untuk di jadikan sumber referensi. Ada juga sih, tapi bahasa inggris ! sedangkan aku orang spanyol yang aktive  in Indonesian Language and cat language, takutnya salah penafsiran. Tapi dari blog-blog yang saya baca ini semacam obat alergi yang bisa menyebabkan kantuk ringan jika di minum dalam dosis standar. Wah, ini kok jadi mirip CTM ya? Apa ini generasi keduanya CTM ? semoga yang tau bisa beri komentar dibawah.


Ambroxol :
struktur kimia ambroxol
disadur dari : http://en.wikipedia.org/wiki/Ambroxol

Nama nya ituloh, ambroksol ! aku jadi teringat jembatan ambruk (roboh). Yang kubaca di banyak situs emang ambroxol berkhasiat untuk obat batuk berdahak. Pantes aja kak  dr.Diah Qudsiah menyarankan obat ini untuk pilek ku.



-----------------
Nah, itulah sekelumit tulisan biasa biasa saja tentang bagaimana mengobati flu. Sebenarnya aku nulis ini untuk arsip pribadi ku aja, sapa tau besok-besok aku sakit flu lagi terus lupa obat, kan bisa tinggal cek di Hijaunya Dunia ini.     hi hi hi

Sekarang, sakit ku udah agak mendingan ne.
Alhamdulillah
Dan sekarang udah bisa beraktifitas dan ngeblog lagi...

Kepada kak -dr .DQ- ku ucapkan terima kasih.

Jreng !

0 komentar: