SIM saya saat ini adalah SIM Aceh yang masa berlakunya akan habis akhir Oktober ini. Untungnya sekarang di beberapa daerah tertentu sepert...

Begini Caranya Perpanjang SIM Online

SIM saya saat ini adalah SIM Aceh yang masa berlakunya akan habis akhir Oktober ini.
Untungnya sekarang di beberapa daerah tertentu seperti Jakarta, perpanjangan SIM bisa dilakukan secara online. Tentu ini sangat membantu bagi perantau karena tidak perlu balik kampung untuk perpanjangan.

Hari ini saya melakukan perpanjangan SIM online, di mall Citraland Jakarta Barat ada mobil sim keliling. Prosesnyapun terbilang mudah dan cepat (saya memilih pagi hari).

Saat datang saya meminta formulir perpanjangan yang sudah di sediakan petugas lantas mengisinya seperti contoh yang ditempel di meja.

Formulir perpanjangan SIM
Sayangnya saya tidak membawa fotocopy KTP dan SIM lama (ini adalah dokumen yg dibutuhkan untuk perpanjangan SIM, disana juga ada jasa foto copy, namun biayanya agak mahal, kalo biasanya fotocopy dokumen selembar seribu rupiah disana dikenakan tarif Rp.4.000,- dan satu lagi jangan lupa bawa pulpen.

Antrian fotocopy (Disini memakan waktu banget)


Setlah dokumen lengkap diserahkan kepada petugas. Saya menunggu sebntar. Kemudian nama saya di panggil untuk melkukan perekaman data (pemotretan).

Sejurus kemudian SIM pun jadi secara instant. Dan saya membayar Rp.135.000,- untuk perpanjangan. Sebelum keluar mobil ada jasa laminating untuk sim dengan biaya lima ribu rupiah.

Total biaya perpanjangan sim saya:

  1. fotocopy ktp dan sim lama 4.000,-
  2. Pulpen 2.000
  3. Sim 135.000
  4. Laminating 5.000
Total :Rp. 146.000,-

Jreng!
Jadi...

Dulunya dibawah huruf "C" itu tulisan nya Aceh. Kini menjelma menjadi "Metro Jaya"



#SekianReportase



0 komentar: