Apakah kamu seorang blogger yang punya blog di blogspot? Coba lihat alamat blog kamu sekarang. URL Domain untuk blogspot di Indonesia kini ...

Kamu Blogger Blogspot Indonesia? Mari ucapkan selamat tinggal pada blogspot dot com

Apakah kamu seorang blogger yang punya blog di blogspot? Coba lihat alamat blog kamu sekarang. URL Domain untuk blogspot di Indonesia kini telah "dipaksa" ganti oleh google dari [namablog].blogspot.com menjadi [namablog].blogspot.co.id.

Otomatis Blog saya ini juga berganti url nya dari muhammadzahry.blogspot.com menjadi muhammadzahry.blogspot.co.id. Tentu saja bio-bio di instagram, twitter, facebook harus di update lagi. hihhi

Dokumen pribadi
Kalau url domain nya di ganti  secara sepihak oleh Google, apakah dalaman blognya ikut keganti juga ?

Jawabanya adalah : tenang saja, karena untuk konten maupun bahasa yang ada didalam blog tidak diubah. Aku nyoba ngecek menu dasboard dan hasil nya tidak ada perubahan. jadi cuma URL saja yang di ganti.

Kenapa Google melakukan ini?
Saya lansir dari Kompas Tekno, Google sebenarnya sudah melakukan kegiatan ini sejak tahun 2013 yang lalu di beberapa negara, cuma kebetulan Indonesia kebagian di tahun ini (2015).

Dari halaman support Google, katanya sih perubahan ini dilakukan sesuai visi Google yang mendukung kebebasan berpendapat dan aturan mengenai konten-konten kontroversi.

Jadi, secara sederhana keperluannya kira-kira begini : Misalkan Google menerima permintaan dari negara api untuk menghapus konten (baik itu tulisan,gambar, video dst) yang melnggar hukum di negara api. Maka konten  tersebut tidak akan tersedia bagi pembaca dari negara api


(masalah bagaimana bisa tahu pembaca yang berasal dari negara api dan mana yang dari negara air, Google tentu sudah punya teknolooginya. Sementara bisa diduga melaui IP Adress saja. Sokh dah, itu mah urusan Google).

Namun karena di negara angin konten yang di block di negara api itu bukanlah konten yang melanggar hukum, negara angin tetap bisa baca konten itu. Dengan kata lain negara selain negara api ngak kena blockan Google.

Tapi, kata si embah. perubahan ini mungkin akan berefek pada Search Engine Optimitation nya.

hmmmm....... trafic juga ujung-ujungnya...

1 comment: