Mau nyobain teh Perancis ngak? Tanya Nawir pada ku melalui pesan facebook. Salah seorang teman kantor nya baru pulang dari luar negeri...

Nyobain Teh Perancis | Teh seharga nyaris 1 Juta rupiah

Mau nyobain teh Perancis ngak?
Tanya Nawir pada ku melalui pesan facebook.

Salah seorang teman kantor nya baru pulang dari luar negeri dan membawa oleh-oleh teh. Menurut informasi dari Nawier, teh  ini luar biasa banget. Satu bungkus teh  ini harga nya 1 juta kurang 30 rebu. Mendengar nilai teh yang se-ekslusif begitu, sayang juga rasanya untuk menolak ‘daun kering’ ini. Sempet terkejut juga sih denger harga teh lebih besar ketimbang harga diri (ayam).


Begitu sampe ke kosan, Aku sempat bingung ngeliat bungkus nya. Katanya teh ini dari Prancis, tapi kok gambar nya motif Jepang (Tiongkok?) begitu yah? Ya walaupun ada juga sih tulisan berbahasa Prancis di bagian sampingnya yang aku ngak tau apa artinya.
Les specialistes du the
Tapi jujur, awalnya aku ngira teh di dunia ini cuma Teh Sariwangi, Teh Botol Sosro, Teh Kotak, Teh Pucuk, Teh Gelas yang kayaknya berasal dari satu jenis teh yaitu teh hitam (?). Tetapi ternyata. Setelah blog walking ke blog nya para blogger pecinta teh, rupanya di seluruh dunia ada banyak banget jenis teh. Ada yang terbuat dari bunga-bunga-an dan yang lazim dari daun-daunan. Bahkan ternyata di indonesia ada komunitas pecinta teh juga. Namun soal jenis yang aku konsumsi ini, aku ngak tau ini dari jenis yang apa. Apakah ini teh Jasmine, teh bunga matahari atau teh apa? aku kurang ngerti juga. Secara walaupun aku suka teh tapi kurang expert juga kalo ngomongin jenis-jenisnya.

Serbuk teh nya ngak kayak teh instant yang ada di pasaran, potongannya lebih kasar kayak ranting-ranting pohon gitu, dan ada kacang almond nya. Awalnya aku pikir apa teh ini terbuat dari kayu? bukan dari daun kayak teh pada lazimnya? Pertanyaan ini terjawab saat tehnya diseduh.



Soal aromanya, ketika di seduh aku mencium bau vanilla. Aromanya makin kuat saat teh nya ku rebus. Kosan ku jadi bau teh seharga 1 juta kurang 30 rebu. Baunya enak, lumayan untuk mamerin bau ke tetangga. :p

Mengenai Bau Vanila ini, Si Agus –temen ku- sempat ngasal bahwa teh ini di campurin kwaci. apa hubungan nya cobak?

Eniwey, Mengingat teh ini teh premium, aku ngak mau ngasal ngerakitnya. sebelum nyeduh aku riset dulu di internet bagaimana cara menyeduh yang benar. Ribet ya? tapi aku mikirnya karena ini pengalaman baru ya di sambil belajar aja.

Beberapa sumber di internet mengatakan ngerebus teh yang ideal itu sekitar 5 menit. Tapi tiap teh katanya beda-beda, ada yang disarankan 2 menit aja. berhubung aku ngak tahu ini teh jenis apa, ya ku hajar aja 5 menit. hihihi soalnya pas dua menit warnanya ngak keluar sih :P

Aku juga sempat mampir di Blog nya kang Ardisasmita yang kebetulan hobi ngeteh juga, untuk nambahin referensi cara meracik teh yang baik. Beberapa sumber di internet juga menuliskan bahwa seduhan yang baik itu adalah di seduhan yang kedua karena daunnya uda mekar semuanya karena terkena air panas. Wah benar juga. Disini pertanyaan ku tadi terjawab. Teh yang awalnya terlihat seperti ranting itu, setelah dipanaskan ternyata mulai menampakkan jati dirinyanya sebagai daun.




Karena hasil rebusan nya banyak, aku bisa nyobain banyak versi, yaitu : versi panas, dingin, manis sedang, manis banyak, dan no sugar.

Hasil terenak menurut lidah setara pak Bondan ku adalah: Teh seduhan yang kedua dalam keadaan Manis banyak dingin. 

Aku nyobainnya juga ngak pake gelas sembarang kayak teman-teman yang kurang apresiasi begini.


Aku pake gelas khusus minum teh atau yang di anggap setara dengan gelas itu : Mangkuk (cambung). meminum teh memakai ini, membuat aku terkesan berada di zaman dinasti Ming.


Inilah teh 1juta kurang 30 ribu ! Teh Prancis !

Enak juga ya nyobain teh  yang mahal tapi gratis… :D

0 komentar: