Baiklah, kita mulai tulisan ini dengan menghayal. Ayo berimajinasi sebentar… Bayangkanlah saat ini kamu lagi mengendarai sepeda motor den...

Teknik Membaca yang Menarik

teknik membaca
Baiklah, kita mulai tulisan ini dengan menghayal. Ayo berimajinasi sebentar…
Bayangkanlah saat ini kamu lagi mengendarai sepeda motor dengan kecepatan rendah semisal 20 Km/Jam. Kira-kira apa yang terjadi dengan pikiran mu?
Hanya fokus pada jalanan?
atau pikiran masih bisa ngelantur kemana-mana? masih bisa sambil mikirin kerjaan kantor yang belum kelar misalnya, atau pikiran bisa nyambi nyanyi-nyanyi?
Ayo kita tingkatkan kecepatan sepeda motor jadi 200 Km/Jam ! Atau lebih cepat dari itu. Wuzzzz…Wuzzzz… Wuzzzz…Kwenceng….! 
Sekarang bagaimana? apa pikiran kita masih sempat ngelantur kemana-mana? Atau jadi fokus dengan sendirinya menatap jalan? Yang sering terjadi dengan kecepatan sekencang itu, secara refleks kita jadi fokus pada jalanan, pikiran ngak kemana-mana, kalau kemana-mana nyawa bisa bisa kemana-mana. Open-mouthed smile
Benar?
Kita bawa teori ini pada skill membaca.
Salah satu masalah yang sering terjadi dalam membaca adalah si pembaca kurang fokus dengan bacaannya. Yang dibaca lain, pikiran dalam kepala juga lain. Masih sempat menghayalkan masalah lain. Kurang fokus!
Efeknya materi jadi kurang terserap atau paham jadi lama. Sama seperti analogi diatas, ternyata salah satu teknik agar bisa fokus membaca adalah dengan mengencangkan kecepatan membaca. Membaca dengan kecepatan rendah mengakibatkan konsentrasi menurun. Selama ini, saat membaca sebuah tulisan atau data-data ada kecendrungan pembaca menurunkan kecepatan membacanya saat menemukan tulisan/data yang kurang dimengerti. Ternyata katanya itu kurang baik.
pembaca malah dianjurkan untuk membaca dengan cepat saat sesi screening untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik.
mau membuktikan teori ini? coba saja. saat screening kamu bisa coba membaca dengan kecepatan tinggi, saat ada informasi yang kurang dimengerti, jangan melambatkan kecepatan membaca. tarik gas terus….
berani buktikan?
*tulisan ini disarikan dari talkshow di radio Smart FM

7 comments:

  1. Wah... baru tau. Ternyata bener, membaca dengan speed 200 Km/h bisa membuat kita jadi fokus.

    artikel yang menginspirasi. terimakasih ea kaka

    ReplyDelete
  2. Gaspol... coba tes membaca kepatan 200Km/jam memang jadi fokus, cuma gak ingat lagi apa yang di baca... hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.... Sebenar nya setelah langkah ini ada teknik berikutnya. Waktu itu mau saya tulis malah lupa.... *hadoh...

      Delete
  3. kalo saya biasanya baca pelan2 sambil dipahami, memang agak kurang efektif

    ReplyDelete