Cara Mengatasi Smartphone Android Yang Lambat : Barangkali kamu pernah merasakan booting RAM di Android mu mendadak jadi sangat lama, pro...

Cara Mengatasi Smartphone Android Yang Lambat

Cara Mengatasi Smartphone Android Yang Lambat : Barangkali kamu pernah merasakan booting RAM di Android mu mendadak jadi sangat lama, proses  ini itu loadingnya lemoooot banget, kemudian ada juga yang dapet kasus androidnya hang dan segudang masalah  kelemotan lainnya.

Jangankan  pengguna aktif, pengguna pasive pun bakalan jengkel dengan kondisi kayak begitu. Nah, mau Android kamu lebih kenceng? Bebererapa item dibawah inilah yang sering jadi sebab android kamu lemot, maka cek lah item-item dibawah ini jika smartphone mu mulai melambat.




1. Hapus Cache Pada Memori Internal

Sebagian dari kamu mungkin belum kenal sama apa itu cache. Cache ini adalah alat penyimpan (memori) sementara pada laptop, komputer maupun android. Gunanya cache ini untuk kecepatan penyajian suatu data yang pernah ditampilkan sebelumnya. 

Contohnya begini, semisal kamu sering buka facebook di browser kamu. Nah saat di kemudian hari kamu mau buka facebook lagi, ketika kamu baru ngetik huruf “f” saja browser langsung menyediakan pilihan url “facebook.com” dan alamat url yang berawalan “f” lain yang sebelumnya pernah kamu buka. Inilah fungsi cache.

Tetapi, keberadaan cache akan terus bertambah-dan bertambah sesuai pemakaian kitadan semua data ini tersimpan di history perangkat, lama-kelamaan ini akan  menyebabkan banyak memory yang terpakai yang ujung-ujungnya membuat smartphone jadi lambat. Hapuslah history cache secara berkala. Kamu bisa juga gunakan aplikasi History Eraser untuk menangani masalah ini.

2. Jangan Menjalankan Banyak Aplikasi Dalam Waktu Bersamaan

Multytasking menjadi penyebab kelambatan yang sering terjadi. Banyak pengguna yang tidak sadar terhadap hal ini, atau ada juga yang malas menutup aplikasi yang terbuka hingga bertumpuk-tumpuk. 

Aplikasi yang di buka secara bersamaan akan memberatkan kinerja RAM dan menurunkan kecepatannya. Jika tidak di perlukan, tutuplah aplikasi yang tidak perlu untuk mempercepat kinerja android kamu. Terlebih jika RAM di android kamu tergolong kecil semisal RAM 512.

2. Jangan Menggunakan Live Wallpaper

Tidak hanya di laptop atau komputer, penggunaan live wallpaper di android juga merampas kecepatan kinerja android mu. Memang tampilan jauh lebih menarik, namun ternyata live wallpaper juga turut berperan pada masalah kelambatan di android mu. 

Untuk alternatifnya kamu bisa gunakan gambar yang sederhana untuk background layar android mu agar kecepatan loading maksimal.

4. Instal Aplikasi di Memori External

Jika kamu mengoleksi banyak aplikasi sementara memori internal berkapasitas minim, kamu bisa pilih menyimpan di memeori external. Namun ingat untuk mendapatkan kinerja memory yang baik pilihlah yang kecepatannya 10, Ketika kita menginstal aplikasi di perangkat Android, maka aplikasi ini otomatis akan masuk ke memori internal. 

Jika kita menginstal cukup banyak aplikasi, maka hal ini akan mempengaruhi kecepatan perangkat Android.

Nah untuk mengatasi agar perangkat Android tidak menjadi lambat, maka kita harus memindahkan aplikasi tersebut ke memory eksternal yang ditambahkan pada Smartphone Android. Dengan begitu, memory internal dapat dioptimalkan untuk kinerja ponsel pintar tersebut dan tidak akan memberatkan waktu loadingnya. Namun tidak semua android bisa melakukan hal ini. Maka harus di root dahulu...

6.Tutup Aplikasi Yang Tidak Terpakai

Seringkali kita membuka beberapa aplikasi dan kemudian lupa untuk menutupnya setelah selesai digunakan. Aplikasi yang sedang bekerja tentu saja akan membutuhkan memory RAM, dan jika kita lupa menutup atau sengaja tidak menutup beberapa aplikasi, ini akan membuat kinerja perangkat Android Anda menjadi lebih lambat dari biasanya.

7. Jangan Menggunakan Auto Rotate Bila Tidak Perlu

Fitur screen rotation itu adalah untuk mengubah tampilan layar agar sesuai dengan keinginan kita, yaitu tampilan screen horizontal dan vertical secara otomatis. Namun disarankan agar tidak mengaktifkan fitur ini bila Anda memang jarang memakainya.

Anda boleh saja mengaktifkan fitur auto rotate jika memang sering memerlukannya. Namun, jika fitur ini memang tidak terlalu Anda butuhkan maka ada baiknya dinonaktifkan saja untuk membantu mempercepat kinerja perangkat Android Anda.

8. Jangan Menggunakan Auto Brightness

Fitur auto brightness ini adalah fitur yang berfungsi untuk mengetahui intensitas cahaya yang diterima oleh perangkat Android Anda. Dengan fitur Auto Brightness maka intensitas cahaya pada Android akan menyesuaikan dengan keadaan cahaya yang ada disekitar kita. Selain dapat membuat Android lebih lambat, kerugian lainnya adalah baterai ponsel akan cepat habis.

9. Gunakanlah MicroSD

MicroSD biasa kita sebut juga dengan kartu memory. Dengan menambahkan kartu memory pada Android Anda maka akan memberikan ruang lega bagi perangkat pintar Anda tersebut. Dengan begitu, beban RAM akan berkurang sehingga proses loading data akan semakin cepat.

10. Jangan Menumpuk SMS


Banyak sekali pengguna smartphone yang meremehkan tumpukan sms di dalam inbox ataupun outbox mereka, semua sms ini memakan memori ponsel Anda. Jika dibiarkan terlalu banyak maka smartphone Anda akan menjadi lambat, bukan smartphone lagi dong namanya kalau kinerjanya sudah lambat. Karena itu, biasakan untuk menghapus sms lama yang sudah tidak diperlukan lagi secara berkala.

0 komentar: