"Bagaimana prosedurnya, dan apa saja syarat yang dibutuhkan untuk membuat atau merubah KTP biasa menjadi E-KTP ? inilah pengalaman sa...

Cara Buat E-KTP Beda Domisili (KTP Aceh buat di Jakarta)

"Bagaimana prosedurnya, dan apa saja syarat yang dibutuhkan untuk membuat atau merubah KTP biasa menjadi E-KTP ? inilah pengalaman saya mengurus E-KTP Aceh, di Disdukcapil Jakarta"


Tahun 2013 ketika mau berangkat ke Jakarta, hal penting yang jadi perhatikan saya adalah KTP. KTP saya harus beres- pikir saya. Kala itu, saya mengurus KTP saya yang NIK nya tidak ada di database pemerintah (KTP ada, nik ada, tapi NIK tidak terdaftar di database pemerintah). Ini harus beres!

Tiket pesawat sudah dibeli dan waktu yang mepet menjadi momok tersendiri dalam pengurusan KTP yang terkenal berbelit-belit. alhasil, proses pembuatan KTP Aceh saya berhasil walau berhenti di tahap KTP kertas, bukan KTP elektronik karena waktu tidak memungkinkan lagi untuk menunggu pembuatan E-KTP.

Tahun 2016 pemerintah kembali mendorong warga agar tiap penduduk yang sudah layak memiliki identitas diri mempunyai E-KTP, (pakai - E) bukan sekedar KTP saja. Maka otomatis saya adalah sasaran pemerintah karena KTP saya masih kertas.

Untungnya, untuk perekaman data dan mengkonversi KTP kertas menjadi E-KTP bisa dilakukan di seluruh indonesia, Jadi tidak perlu kembali ke daerah asal. Saya membayangkan alangkah sulitnya seandainya saya harus balik ke Aceh hanya untuk mengurus E-KTP. Maka saya sangat mengapresiasi kebijakan pemerintah yang satu ini,

Kantor Disdukcapil Jl. S. Parman No.7 Jakarta Barat


Lalu, bagaimana prosedurnya, dan apa saja syarat yang dibutuhkan untuk membuat E-KTP ? inilah pengalaman saya mengurus E-KTP Aceh, di Disdukcapil Jakarta Barat.

SYARAT PEMBUTAN E-KTP BEDA DOMISILI


Sebenarnya syaratnya gampang sekali, hanya KTP lama dan fotocopy Kartu Keluarga (KK) saja sudah cukup, namun dalam prosesnya. ternyata dibutuhkan juga satu lembar materai enam ribu, karena ada surat pernyataan yang harus kita buat. jadi bisa dibilang syaratnya ada tiga : (1) fotocopy KTP lama, (2) fotocopy KK dan (3) Materai 6.000,-

BUAT DI KELURAHAN APA BISA?


Saya menelpon kantor kelurahan tempat tinggal saya, dari sana saya mendapat informasi bahwa untuk masalah saya (pembuatan ektp beda domisili) tidak dapat di lakukan dikelurahan. Saya browsing dan mendapat nomor whatsapp kepala dinas Disdukcapil Jakarta Barat Bapak Drs. H. Mohammad Hatta, MM. langsung saja saya Chat


Bagi Anda yang masih mengalami kesulitan dalam pembuatan KTP elektronik (E-KTP) pemerintah menyediakan nomor Handphone/whatsapp seluruh kepala dinas di Disdukcapil seluruh Indonesia yang bisa Anda download dan lihat di link ini :


Prosedur di Kantor Disdukcapil

(1) Ambil Nomor Antrian
(2) Isi dan tulis dokumen ini

4.Setelah di isi dan di cek ke petugas di lantai satu, langsung ke lantai 4 ke ruang tunggu data center. dari ruangan itu akan ada petugas yang akan keluar secara berkala, saat petugas keluar dari ruangan tersebut, berikan dokumen Anda kepetugas dan tunggu hingga dipanggil kembali, Jangan lupa isi buku tamu dan tinggalkan no HP di buku itu untuk kemudahan komunikasi selanjutnya. 

Buku tamu di ruang tunggu Data Center Disdukcapil Jakarta

5. Saat dipanggil Anda akan diajak keruangan perekaman data (sidik jari, kornea, dsb)
6. Keluar sebentar dan nunggu lagi sampai dipanggil kembali
7. Akhirnya Anda akan diberi sebuah kertas tanda bukti perekaman, Periksa kertas itu apakah data disana sesuai dengan KTP Anda, jika tidak Sesuai bisa di komplain untukdiperbaiki.
8. Sampai disini proses telah selesai, jika data di kertas sudah benar, EKTP dapat diambil satu bulan dari tanggal sekarang

Update !

Sebulan telah berlalu, EKTP ku pun telah jadi... Horeee.....!
Berlaku seumur hidup.






14 comments:

  1. Sangat mmbantu infonya. Kalau sabtu buka ga ya disdukcapil d S Parman ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya sabtu tutup gan, tapi berhubung negara juga lagi kehar target perekaman siapa tahu buka. Coba whatsapp aja dulu kadis nya di sini 082110961959

      Delete
  2. Dukcapil jkt antrianya panjang banget ga ya? Aku ktp bekasi kos dijkt. Bekasi antrianya panjang banget. Ambil no dulu trus fotonya 10 hari kemudian hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari pantauan saya kemarin. Antrian nya ramai, tpi gak pake banget. Estimasi 40 menit kelar. Saya datang nya pagi.

      Delete
  3. datang ke disdukcapil s parman. jam 2 sore. tidak sampe satu jam sudah slese. nggak ramai seperti pagi/ siang

    ReplyDelete
  4. Di e-ktp alamatnya tercantum alamat Aceh atau Jakarta, Gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alamat Aceh gan. Dari info petugasnya perubahan data hanya bisa dilakukan di daerah asal.

      Delete
  5. Hari ini saya kontak Disdukcapil Kota Tangerang Selatan, tempat tinggal saya saat ini. KTP lama (SIAK) saya berasal dari Bandung. Namun karena keterbatasan blanko, permohonan yang saya ajukan via email ditolak oleh disdukcapil tangsel. Padahal jelas Dirjen Dukcapil nya saja melarang daerah untuk menolak permohonan pembuatan e-ktp non domisili. Aneh ya? Ini alur komandonya ga ketemu antara pusat dengan daerah. Insha Allah minggu ini saya laporkan ke Ombudsman. Tks.

    ReplyDelete
  6. Bang, tau sistemnya lg online drmn y? Kemarin udh jauh2 ksna, tp sistemnya lg offline. Ada nomor yg bisa dihubungi ga, ga bg? Buat tau sistemnya udh online

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya nih. Tiap instansi punya medsos. Ada yg aktif ada juga yg kurang aktif. Coba2 aja di kepoin sosmed nya dan chat-in adminnya.biasanya juga di bio sosmednya ada no telpon yg bisa di hubungi kok.. Ini cara saya nyari info no telpon kelurahan di internet.

      Delete
  7. Sangat membantu infonya... karena baca2 postingan diinternet banyak yg ditolak tidak bisa bikin ektp dijkt klo domisili diluar jakarta. Senin besok rencananya saya mau kesana. Semoga tidak dipersulit....

    ReplyDelete
  8. Terimakasih infonya sangat membantu. Rencananya senin besok saya mau bikin ektp nya. Semoga gak dipersulit dg alesan yg macam2... thank you

    ReplyDelete