Apa sih pentingnya berkunjung ke kantor Google Indonesia? Barangkali, Barangkali nih, bagi sebagian orang memang ngak ada penting-penting ...

Ke Markas Google Indonesia, Ngapain Aja?

Apa sih pentingnya berkunjung ke kantor Google Indonesia? Barangkali, Barangkali nih, bagi sebagian orang memang ngak ada penting-penting nya sama sekali.

Tetapi, saat teman-teman blogger yang udah duluan kesana, terus mosting tulisan kunjungan mereka ke kantor Google, rasa nya kok yang kepengen banyak. Apalagi di portal-portal berita banyak tulisan yang “me- wuahhh-kan” kantor Google.

Nah, sama dengan golongan orang yang pada kepengen itu, maka aku juga punya kepentingan untuk datang kesana… ke kantor Google Indonesia…!!

Jreng …


Berbeda dengan cerita temen-temen blogger yang di undang kesana untuk touring, kedatangan para peserta dalam program Google Mobile Leadership Program kali ini bukan untuk “mencal kesana-kesini” di kantor si embah, melainkan kedatangan kali ini di balut dalam satu kata yang bermakna sebuah tugas yang mulia bernama B E L A J A R. . .Ninja

Ya, kami (sangat TER-khusus-nya aku) belajar banyak hal di markas si embah. Sesuai tema acaranya, tentu yang kami pelajari adalah bahasan tentang potensi pasar perangkat mobile yang sedang booming dan pertumbuhan nya yang di prediksi meledak sampai beberapa tahun kedepan.

Sesuai nama acara nya Google Mobile Leadership Program, diharapkan peserta memiliki bekal yang cukup untuk bisa menang (menjadi leader) di persaingan pasar mobile saat ini.

Harapan yang sangat keren…

Menurut pengamatan ku sebagai peserta dari desa, secara garis besar pematerinya memberikan 2 informasi penting berupa data-data statistik tentang perilaku pengguna mobile dan beberapa strategi teknis mengoptimasi sebuah website dan apps untuk perangkat mobile.
google-mobile-leadership-program
Mas Reza Yardi (kebetulan namanya sempet ku catet jadi ngak lupa) | Memeberikan materi yang bersifat teknis tentang stuktur website dan apps.

Mobile emang lagi menggila nih, dan sedang mendapat perhatian besar dari Google. Lihat saja algoritma search engine Google terbaru sekarang (Algoritma Mobilegedon) yang ujung-ujungnya ke-mobile friendly juga.
Sebelum pemateri memulai menyampaikan materi-materinya, semua peserta ditanyai apa expektasi masing-masing datang ke acara ini.

Kebanyakan yang datang kemari rupanya adalah awak agency periklanan. Tentu saja acara ini sangat bermanfaat dan relevan bagi mereka untuk mengoptimalkan strategi pemasaran digital dengan kondisi teranyar saat ini untuk produk-produk klien mereka.

Dan melalui pengamatan ku sebagai orang kampung, kulihat saat diskusi, peserta yang dari agency nyambung banget, tik tok diskusi mereka kondusif sekali.

Ada juga pemilik usaha kuliner yang ketika aku duduk disamping beliau, kelihatannya di juga udah menguasai (nyambung dengan materinya) kayaknya beliau sering mantau statistik pemasaran online usahanya di Google Analytic, jadi ngak asing dengan istilah-istilah statistik di kelas ini.

Beberapa contoh perkenalan peserta terdengar seperti ini:
Selamat siang, saya fulan dari…(nyebut agensi periklanan dia)…
Halo, nama saya fulanah saya dari…(nyebutlagi agency periklanan yang berbeda)…
Hai.. nama saya ****** saya dari blablabla (agency periklanan lagi)
Boleh jadi, orang yang paling awam mengikuti acara ini adalah aku. Tibalah giliran ku menjawab pertanyaan apa ekpektasi ku ikut acara ini.
Salam kenal,…
Nama saya Zahri…
Saya tidak mewakili lembaga manapun.
eemmm… saya seorang blogger yang baru belajar SEO, saya baca di berita katanya google menerapkan algoritma baru yang lebih ramah untuk mobile. kedatangan saya kesini ………cuma iseng aja.
Hah, ngak usah di lanjutkan ngak penting sama sekali. Yah, sepertinya tidak perlu diragukan lagi, akulah orang yang banyak pelanga-pelongonya di kelas itu. Tapi sama sekali aku tidak peduli.
Aku menikmati betul sharing yang di bagikan mereka. Wawasan ku terhadap google analitic mengalami peningkatan meskipun berusaha keras mencerna materi-materi disana yang memang sangat tidak familiar di telinga.

Aku adalah pelajar level basic yang masuk kelas intermediate, oh bukan intermediate, kelas advance lebih tepatnya.

Seperti biasa, aku kesulitan mengingat nama orang baru, mas-mas dibawah ini (Yang aku lupa nama nya) adalah pemateri yang sudah berjasa membuka wawasan ku seputar google Analytic.
thank you master…Maaf mas, saya lupa nama nya. (Mas ini orangnya ramah banget)
pemateri-google-mobile-leadership-program 
Master juga berpesan kepada kami agar bisa mengembangan kemampuan story telling. Karena pasar kita adalah orang, dan orang menyukai cerita.

ehm, ngomong-ngomong. cerita ku ini udah menarik belum?

Gubraks…!
***
Okeh, Begitu saja, barangkali sebenarnya kalian mau melihat foto-foto di kantor google ya? saya sudah menyiapkan nya di >> halaman ini

6 comments:

  1. Di foto terakhir itu namanya pa heri ardin...

    ReplyDelete
  2. Wahh terimakasih ya atas info nya...

    ReplyDelete
  3. Wahhahahah.... Tak disangka. Orang nya langsung yang komen..... Jadi malu saya pak... Hihihihi :p

    ReplyDelete
  4. Wahhahahah.... Tak disangka. Orang nya langsung yang komen..... Jadi malu saya pak... Hihihihi :p

    ReplyDelete