Bagaimana rasanya  dilayani seonggok mesin? Rasanya sudah beberapa minggu saya nggak datang ke stasiun Sudirman. Kemarin datang, dan s...

Keren ! Ada teknologi baru di Stasiun Sudirman

Bagaimana rasanya 
dilayani seonggok mesin?

Rasanya sudah beberapa minggu saya nggak datang ke stasiun Sudirman. Kemarin datang, dan saya kaget melihat sosok besi kotak berwarna merah mirip mesin ATM yang memiliki jobdesk sebagai petugas ticketing. Dialah Commuter Line Ticket Vending Machine, sebuah mesin yang melayani hajat manusia untuk membeli tiket atau isi ulang saldo tiket kereta commuterline.


Kini di depan loket 2 dan loket 4 di stasiun Sudirman mejeng 2 mesin merah ini, di dekat ruang ATM juga ada dua biji lagi. Menurut petugas yang sedang berjaga disana, mesin-mesin ini sudah mulai beroperasi pada awal tahun baru 2016 kemarin. Namun, dari yang saya lihat (23/1/16) sepertinya masih banyak penumpang yang belum terbiasa dan sedikit kebingungan menghadapi mesin-mesin ini. Saya termasuk orang yang ikut-ikutan bingung… hehehehe.



Untungnya pihak stasiun menyediakan petugas baik hati yang sedia melayani dan mengedukasi para pengguna jasa commuter line yang hendak mengisi/membeli tiket atau sekedar mengambil uang jaminan.


Apa Saja yang bisa di lakukan Mesin ini ?

Dari brosur (?) yang menempel di sisi kiri atas mesin yang saya baca, Vending machine ini berkemampuan memberikan layanan untuk kartu Single Trip maupun Kartu Multi Trip, Jenis transaksi yang dapat dilakukan Vending Machine ini adalah:

Kartu Single Trip (THB)
  1. Pembelian THB (Tiket Harian Berjaminan) Baru
  2. Isi ulang (Top Up) Tarif perjalanan THB
  3. Pengembalian uang jaminan (refund) kartu THB
Sedangkan bagi Anda yang menggunakan Kartu Multi Trip (KMT), Vending Machine bisa digunakan untung isi ulang saldo.

Pengalaman Mengambil Uang Jaminan di Vending Machine

Pengalaman saya menggunakan mesin ini awalnya agak bingung, namun kalau sudah menggunakan sekali, sepertinya untuk selanjutnya sudah gampang. Karena tampilan interface dari layanan ini sebenarnya sudah cukup jelas.

Saat saya ingin mengembalikan kartu dan mengambil uang jaminan, Atas arahan dari mas-mas yang bertugas, saya memasukkan kartu di port paling kanan pada gambar di bawah ini. Yaitu liang "THB Single Trip - Refund - Top Up"

Liang-liang tempat masukin Uang dan kartu single trip


Begitu kartu dimasukan ke port kartu THB, layar monitor akan otomatis menampilkan dua pilihan tombol : (1) top up, (2) Refund.

saya pilih refund.

Jebret…!

uang jaminanpun keluar.


Jenis Uang yang Bisa Digunakan Untuk Transaksi di Mesin Ini

Kartu Single Trip
  1. Uang Koin – warna Perak
    1. Rp. 500,- (minimal)
    2. Rp.1000,-
  2. Uang Kertas
    1. Rp. 2000,-
    2. Rp. 5000,-
    3. Rp. 10.000,-
    4. Rp. 20.000,- (maksimal)
Kartu Multi Trip
  1. Rp. 5000,-
  2. Rp. 10.000,-
  3. Rp. 20.000,-
  4. Rp. 50.000,-
  5. Rp. 100.000,-

Buatan Dalam Negri

Saat saya tanya ke mas-mas yang bertugas, tentang siapa yang membuat mesin ini. Dengan bibir tersenyum beliau mengatakan "Ini buatan dalam negri, Mas. Buatan Telkom".  Wah! hebat juga ya...
mesin ini berguna banget melerai antrian di jam-jam sibuk...

Semoga kedepan nya  naik commuter bisa makin tambah nyaman...
Suasana lenggang di dalam commuter line (suasana idaman)






2 comments:

  1. ini membantu banget...

    baca juga: http://inisiaci.blogspot.co.id/2016/01/3-artikel-keren-tentang-tips-menulis.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, sekali-kali jangan nyepam ngapa, Ci... :D hahahah

      Delete