Sehari sebelum meliput acara Prenagen Fun Walk : Ibu Sehat Indonesia Sehat , Saya sempat melihat tayangan video di youtube dengan judul ...

Prenagen Fun Walk | Ibu Sehat Indonesia Sehat : Harapan Besar Menurunkan Angka Kematian Ibu

#IbuSehatIndonesiaSehat
Sehari sebelum meliput acara Prenagen Fun Walk : Ibu Sehat Indonesia Sehat, Saya sempat melihat tayangan video di youtube dengan judul “Surat Untuk Istri”. 

Sebuah video yang bercerita tentang seorang ayah yang merawat anak perempuan nya seorang diri. Istri nya meninggal saat melahirkan anak pertama mereka.

Video ini, menggambarkan kesedihan yang terjadi pada sebuah keluarga yang kehilangan sosok istri dan ibu bagi sang anak.

Jika melihat data survey demografi kesehatan Indonesia pada tahun 2012. Ada 359 ibu yang meninggal dari setiap 100.000 kelahiran.

Angka ratusan itu bukanlah angka yang bisa dibilang sedikit. Saya yakin, tidak ada seorangpun dari kita yang mengharapkan satu dari 359 orang yang meninggal itu adalah bagian dari keluarga kita.

Hingga saat ini, berbagai aksi yang bertujuan menurunkan angka kematian ibu terus digalakkan oleh berbagai pihak.

Fun Walk Langkah Pasti Menurunkan Angka Kematian Ibu Hamil dan Melahirkan 2015

sambutan mentri
Ibu Mentri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Prof. Yohana Yembise, Memberikan sambutan dalam acara jalan sehat ( foto : Instagram KOWANI @kowani1928)


Beruntung. Dibalik fakta angka kematian ibu yang mencengankan itu, masih ada pihak yang peduli dan terus berupaya mengedukasi serta mensosialisasikan berbagai tindakan agar angka kematian ibu di Indonesia dapat terus ditekan.

Prenagen, Ahlinya Nutrisi Kehamilan dan Menyusui bekerja sama dengan Kongres Wanita Indonesia (KOWANI), klikdokter.com, APPI (Aliansi Pita Putih Indonesia) dan KPPA (Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Anak) mengadakan aksi nyata meng-edukasi masyarakat dengan mengadakan jalan sehat pada hari minggu kemarin (6/12/15) di Jakarta.

Acara jalan sehat kali ini sekaligus memperingati hari ibu yang akan dirayakan pada tanggal 22 Desember mendatang.

Kegiatan yang diadakan di kantor KOWANI Jl.Imam Bonjol No.58 Jakarta Pusat kemarin ternyata tidak sekedar acara jalan sehat saja.

Selain cek kesehatan, Ada pula kegiatan lain yang mengandung nilai edukatif buat masyarakat luas, salah satunya yang menambah pengetahuan saya adalah tentang olah raga buat ibu hamil.

Olah Raga Buat Ibu Hamil

Kehamilan adalah proses yang sangat sakral dan berharga. Baik suami, ibu hamil itu sendiri, bahkan keluarga akan sangat berhati-hati menjaga kehamilan sang ibu.

Kesehatan ibu hamil menjadi salah satu perhatian yang tidak bisa disepelekan.

Dikesempatan yang berbeda, Saya sempat tanya-tanya ringan ke Kak Putri, (kak Putri adalah kakak senior saya yang kebetulan saat ini sedang hamil). Saya bertanya olah raga jenis apa yang sering ia lakukan saat hamil begini? “Olah raga jalan kaki pagi aja” kata kak Putri.

Dari informasi itu, saya coba browsing dan membaca berbagai artikel di internet. Ternyata jalan kaki pagi memang memiliki banyak manfaat buat ibu hamil.

Jalan kaki pagi hari berdampak baik bagi mental dan fisik sang ibu. Tepat sekali rasanya jika Prenagen, Kowani, klikdokter.com, APPI, dan KPPA memilih menyelenggarakan jalan sehat dipagi hari tanggal 6 Desember 2015 kemarin.

Inilah yang digadang-gadang sebagai aksi nyata menurunkan resiko kematian ibu dengan mengajakak masyarakat khususnya ibu hamil untuk tetap berusaha menjaga kesehatan dan kebugaran saat hamil dengan tetap menyempatkan diri untuk berolahraga ringan, misalnya jalan-jalan pagi yang tidak terlalu berat dilakukan.

Diacara kemarin, rute fun walk dibagi menjadi dua rute. Rute yang pertama adalah rute khusus ibu hamil (kantor KOWANI > Bundaran HI > Lalu balik lagi ke Kantor KOWANI).

Sedangkan peserta lainnya (bukan bumil) menempuh jarak yang lebih panjang lagi, (Kantor KOWANI > Bundaran HI > Monas > dan kembali ke kantor KOWANI).

Walaupun jaraknya panjang, peserta jalan sehat tetap terlihat senang. Ya, munkin karena ini adalah jalan santai, kegiatan ini jadi terasa tidak melelahkan dikarenakan sambil berjalan santai menikmati hangatnya matahari pagi, peserta bisa selfie, foto bareng, bercanda, nyanyiin yel-yel bahkan ngobrol dengan rekan-rekan mereka sembari tertawa bahagia.

Suasana Car Free Day di ibu kota yang ramai jadi bumbu penambah seru jalannya acara fun walk ini.

rame 2
 
kelompok ibu-ibu peserta funwalk melangkah penuh semangat.

semangat-ibu-ibusemangat-prenagen

Kegembiraan seperti ini baik bagi kesehatan mental sang ibu hamil. nah, Selain olah raga jalan dipagi hari, ternyata ada lagi olah raga untuk ibu hamil yang lainnya lagi, yaitu senam hamil dan Belly Dance khusus ibu hamil.

Kalau senam hamil saya sudah sering dengar. Tetapi kalau Belly Dance ibu hamil, saya baru tahu dari acara kemarin. Inilah salah satu sesi kegiatan kemarin. Belly dance exercise yang diadakan secara masal. Wah, ini masuk MURI gak ya?

Belly dance
#BellyDancExercise yang dilakukan bersama-sama sebelum jalan santai (foto : Instagram KOWANI @kowani1928)

Belly dance ibu hamil adalah olah raga yang diadaptasi dari tarian perut ala timur tengah. Olah raga ini bermanfaat untuk memperkuat otot perut dan punggung bumil. (ada manfaat lainnya juga yang bisa anda baca disini.

Nah, jika Anda merupakan salah satu peserta di acara kemarin dan penasaran karena tidak sempat mengikuti belly dance khusus ibu hamil ini, atau karena tidak bisa datang keacara disebabkan satu dan lain hal. Tenang saja, karena Anda masih bisa menonton dan mempelajari tutorialnya di youtube melalui chanel ini > [Tutorial belly dance]

Banjir Hadiah


Setelah menyelesaikan rute fun walk, dan ketika peserta mulai berkumpul di depan kantor KOWANI, panitia menyediakan acara seru lainnya. Disela-sela istirahat, peserta dihibur dengan berbagai kegiatan seru, berupa penampilan artis yang membawakan beberapa lagu. Ada yang duduk-duduk istirahat sambil mendengarkan lagu, namun banyak juga yang ikut berjoget menikmati hiburan musik di panggung.

nonton konser

Keseruan tidak berhenti disitu, selesai menikmati beberapa lagu yang dinyanyikan artis, tibalah saat-saat yang mendebarkan yaitu pengundian door prize.

Dari pandangan mata saya, saat sesi pengundian berlangsung, para peserta yang kebanyakan ibu-ibu kini khusyuk menyimak sederetan nomor yang diucapkan MC dan mencocokkan nomor itu dengan kertas kecil yang ada di tangan mereka, itu adalah kertas nomor kupon undian yang dibagikan saat registrasi diawal acara.

Beberapa peserta terlihat heboh kegirangan saat MC menyebut nomor pemenang undian yang merupakan nomor milik mereka. Wah, senang sekali pastinya. Selamat kepada ibu-ibu pemenang!!

pemenang doorprize
Pemenang hadiah  door prize yang diundi langsung dari nomor peserta

pemenang-hadiah-prenagen
Pemenang Doorprize, Pemenang Grup dengan yel-yel terbaik, pemenang Grup terkompak, pemenang Best Posting Twitter, dan pemenang foto bersama di facebook. (foto : Instagram @prenagenworld)


#IbuSehatIndonesiaSehat


Lomba live report bisa dibilang sebagai kegiatan yang seru juga. Kami (khususnya para blogger) mendapat mandat khusus untuk menyemarakkan lomba ini.

Disepanjang jalan kami terus mentuit berbagai peristiwa seru dan informasi yang menarik sepanjang acara fun walk berlangsung.

Di Twitter, cuitan para peserta dapat dipantau dengan hastag #Ibusehatindonesiasehat.

Akhirnya Lomba live report dimenangkan oleh seorang ibu muda, Mbak  Windah Saputro. Selamat..!!
pemenang live report
Pemenang lomba live report, mbak Windah Saputro. (foto : Instagram @prenagenworld).

Semoga saja acara fun walk dengan tagline Ibu Sehat Indonesia Sehat kali ini turut membawa dampak baik bagi masyarakat luas dan semoga harapan bersama untuk terus mengurangi angka kematian ibu hamil dan melahirkan di Indonesia terus membuahkan hasil.

Tanya Jawab seputar kehamilan

Memperluas wawasan seputar kehamilan sangat diperlukan bagi ibu hamil. Masih banyak mitos-mitos seputar kehamilan yang belum tentu kebenarannya yang mungkin masih dipercaya dan masih tersebar luas dimasyarakat.

Namun, diera sekarang ini, saat informasi mudah didapat, ada baiknya teknologi ini kita manfaatkan. Bagi masyarakat yang ingin mengetahui atau sekedar ingin bertanya-tanya seputar kesehatan, gizi, kandungan, menyusui, atau permasalahan anak dan apapun dalam rangka memperluas pengetahuan, Anda bisa memanfaatkan klikdokter.com atau follow akun twitter @prenagenworld.


Screenshot_2015-12-08-07-59-23

Karena mual, muntah, pusing, lemas, kram perut, dan mudah lelah menjadi masalah yang umum terjadi bagi ibu hamil. Jangan lupa untuk selalu istirahat yang cukup dan tetap mengkonsumsi makanan-makanan bernutrisi.

prenagenahlinyanutrisikehamilandanmenyusui
Prenagen Ahlinya Nutrisi Kehamilan dan Menyusui


0 komentar: