Sering berada di depan laptop berjam-jam, saya sering merasakan mata saya agak pedih, kalau sudah begini biasanya saya mengistirahatkan mat...

Cara Mengatasi Mata Lelah

Sering berada di depan laptop berjam-jam, saya sering merasakan mata saya agak pedih, kalau sudah begini biasanya saya mengistirahatkan mata beberapa menit dengan cara memejamkannya. Barangkali Anda juga punya masalah yang sama? Apa Anda sering duduk berjam-jam memandangi layar monitor, gadget, atau membaca buku berlama-lama, dan merasakan perih atau nyeri di sekitar mata? Mungkin itu pertanda mata lelah.
Tadi Pagi, saya melihat tayangan dokter Oz di YouTube tentang bagaimana cara mengatasi mata lelah. Informasi ini tentu saja sangat berharga sekali bagi saya karena sering berlama-lama didepan komputer.
image
Tayangan DR.OZ di YouTube

Aktivitas Yang Menyebabkan Mata Lelah

Ternyata, aktifitas dengan jarak pandang dekat dan menengah paling sering membuat mata jadi cepat lelah. Contoh aktifitas jarak pandang dekat adalah menjahit, membaca, membordir dll. Sedangkan contoh jarak pandang menengah antara lain bekerja didepan komputer, penggunaan gadget dan lain sebaginya.

Kapan Mata Harus Diistirahatkan?

Apakah ada batas maksimal kapan sebaiknya mata kita harus di istirahatkan? Untuk aktifitas jarak pandang dekat dan menengah, sebaiknya mengistirahatkan mata jika telah bekerja selama satu jam. Istirahat ini berguna untuk me-rileks-kan kembali otot-otot mata
image
ALLAHUAKBAR ! Otot Pupil  mata yang selalu bekerja menyesuaikan cahaya yang masuk ke Retina – Sumber : Tayangan DR.OZ di YouTube

Apa dampak yang terjadi jika mata yang lelah di paksakan untuk terus bekerja?

Pusing! Pusing adalah sinyal yang di berikan oleh tubuh saat mata yang lelah terus menerus digunakan bekerja. Biasanya disekitar mata akan timbul nyeri (pusing). Nyeri di mulai dari daerah disekitar alis, lalu naik ke dahi dan menyebar ke bagian kepala. jika anda merasakan tanda-tanda ini, lebih baik segera mengistirahatkan mata Anda.

Lalu, Bagaimana mengatasi mata lelah?

Prinsip mengatasi mata lelah adalah (1) Istirahat (2) Pemijatan (3) Senam mata. Bagaiman teknis nya? Oke, saya buat saja tutorial nya. Kalau yang nomor 1 (istirahat) bisa dilakukan dengan memejamkan mata atau bisa juga memandang kearah yang jauh, atau untuk sementara meninggalkan pekerjaan untuk beberapa menit. Nah, untuk yang nomer 2 dan 3, atau Pemijatan dan senam mata, kita lihat tutorialnya di bawah ini:
***

Tutorial Pijat Mata

  1. Siapkan dua siung jari telunjuk
  2. pijat-mata
  3. Kemudian pijat kelopak mata dengan cara menekan-nekan nya pelan-pelan, jangan keras-keras ya karena di kelopak mata ini banyak saraf-saraf halus.
  4. image
  5. Setelah bagian bawah, kita pindah ke bagian atas. Pijat kelopak mata bagian atas (dibawah alis) dan rasakan betapa rileks nya mata saat dipijat.
  6. image
  7. dan terakhir adalah pemijatan otot di atas hidung sampai atas alis hingga ke samping ya (ujung alis).
  8. image
Nah, itu adalah tutorial “Pijat Mata” lalu, bagaimana senam mata? Walaupun hampir muntah membaca tutorial ini, tetapi kamu Jangan Bosan ya ! Karena di Bawah ini ada tutorial Senam Mata.
***

Tutorial Senam Mata

Tujuan Dari senam mata adalah membuat otot-otot di sekitar mata menjadi elastis dan kuat sehingga setelah senam mata, mata menjadi segar dan penglihatan menjadi lebih terang.
Bagaimana senam mata ini? ayo kita praktekkan bersama-sama. Senam mata ini punya enam gerakan yang sebenarnya sangat sederhana. jangan lakukan terlalu cepat. santai saja dan tikmati relaksasi otot yang terjadi saat senam mata.
  1. Pertama, pandangkan mata lurus kedepan
  2. Gerakan Senam Mata (GSM) #1: sekarang kita mulai dengan menggerakan mata ke atas ke bawah masing-masing 5x
  3. GSM #2 : Gerakan mata ke kanan dan kekiri (melirik) sebanyak 5x
  4. GSM #3 : Gerakkan mata ke kanan atas dan kiri atas sebanyak 5x (lihat yang di contohkan dr.Surya di bawah ini)
  5. image
  6. GSM #4 : gerakan mata ke kiri bawah dan kanan bawah sebanyak 5x
  7. GSM #5 : sekarang gerakan nya di silangkan dari kiri atas ke kanan bawah dan sebaliknya kanan atas kiri bawah sebanyak 5x (artis di bawah ini sedang mempraktekan gerakan silang kiri atas kanan bawah)
  8. image
  9. GSM #6 : Memutar bola mata searah jarum jam sebanyak 5x putaran dan di ulang dengan memutar arah berlawanan jarum jam sebanyak 5x putaran. Jangan cepat-cepat nanti bisa pusing. kita juga bisa istirahat di setiap putaran nya.
Itulah cara senam mata yang sederhana sekali tapi bermanfaat buat kesehatan mata. Kamu bisa gunakan teknik ini jika saat bekerja mata kamu sudah terasa perih dan lelah.

Kesimpulan
Aktifitas membaca, bekerja di depan komputer, dan memandangi gadget berjam-jam yang menjadi kebiasaan sehari-hari manusia jaman sekarang beresiko besar menyebabkan mata lelah. Mata yang lelah bisa menimbulkan nyeri di kepala. Ada beberapa tips sederhana yang bisa di gunakan untuk mengatasi mata lelah seperti mengistirahatkan mata, pijat mata serta senam mata dengan tutorial yang sudah di jelaskan di atas. Perawatan mata sederhana diatas dapat melancarkan peredaran darah di sekitar mata dan me-rileks-kan otot-otot di sekitar mata yang kaku. Perawatan sederhana ini dipercaya dapat membuat pandangan mata menjadi lebih terang.

Oke, kalau tutorial ini dirasa bermanfaat, tentu saja kamu boleh share ke teman-teman yang sering mantengin komputer berlala-lama, atau siapapun disekitar kamu yang dirasa perlu melakukan perawatan mata yang sederhana ini.


4 comments: