Awalnya aku bingung juga melihat temen ku yang tiba-tiba aja menyemprotkan banyak parfum ke bajunya. Setelah ku tanyakan akhirnya dia cu...

Iklan Bau Ketiak Yang (Sepertinya) Sukses

Awalnya aku bingung juga melihat temen ku yang tiba-tiba aja menyemprotkan banyak parfum ke bajunya.

Setelah ku tanyakan akhirnya dia curhat masalah bau badan. Katanya saat di kantor, Dia mulai mengendus bau badan nya sendiri.

Temen ku merasa mulai terjangkit “wabah” bau ketiak alias bau ketek. Sebenernya kata nya sih ngak terlalu extreme, namun agak sedikit mengganggu…

ketek
Ilustrasi

Percakapan kami berujung pada sebuah keputusan bahwa dia ingin membeli produk pemusnah bau ketiak dengan menyebut sebuah merek.

Padahalkan merek pengharum ketiak ada banyak, kenapa mesti itu?

Aku tertarik untuk mencari tahu dari sisi marketing-nya. Bagaimana sih perjalanan pikirannya nya kenapa dia bisa memutuskan (punya keinginan) untuk memilih produk pembasmi bau badan itu.

Dan diapun mulai menceritakan kisah nya. Sementara dia bercerita, aku sudah penasaran bagaimana strategi pemasaran yang dipakai sang produk sehingga temen ku ini sukses terpengaruh…

Inilah yang ku ambil dari beberapa kata-kata yang di ucapkan sang teman…

Kayaknya aku kepengen beli (menyebut merek pembasmi bau badan), yang ada di Halte bus itu aja lah, Ri… [Strategi#1]
…Aku baca iklan yang ada di kereta, katanya 9 dari 10 orang ngak berani ngomong ke kita kalo kita lagi bau badan.

Iya juga, itukan artinya cuma satu orang yang berani ngomong kalo badan kita bau. ya, paling cuma temen deket kita aja yang berani …[Strategi#2]

Masih menyambung kutipan diatas, dia menambahkan lagi apa yang ia baca dari iklan didalam gerbong kereta…

…Orang lainlah yang lebih sensitif mencium bau badan kita ketimbang kita sendiri. [Lanjutan dari strategi#2]

Dari sana bisa di ambil sedikit kesimpulan, bagaimana temen ku ini terpengaruh untuk mengambil keputusan memilih produk tersebut.

Iklan di Halte (strategi 1)

Halte adalah tempat orang berkumpul (terkadang sampai berdesakan) dan disini biasanya panas, tempat yang kondusif untuk berkeringat.

Tentu saja panas dan keringat bisa menimbulkan bau badan.
Halte adalah tempat yang ideal untuk dipasangi iklan.

Dan ternyata, kalo ada yang mudah berkeringat dan mengeluarkan bau badan di halte, produsen pemusnah bau badan bakalan senang karena target marketnya berada dalam beban psikologis.

Secuek-cueknya kota besar, bakalan tetap ada yang gnerasa ngak enak-kan sama orang disebelahnya karena dia memancarkan bau badan.

Nah, sementara orang lagi sumpek sumpekan dalam antrian, startegi marketing cerdas lainnya dijalankan.

Iklan pemusnah bau ketek ini muncul dalam format Audio Visual yang letaknya tepat di sebelah orang yang antri.

Mata kita bisa saja teralihkan untuk tidak melihat atau membaca spanduk, banner iklan. tetapi telinga kita tidak bisa kita hentikan untuk mendengarkan.

Maka, diantara MASALAH bau manusia itu. suara lembut seorang wanita terulang-ulang MENAWARKAN SOLUSI bebas bau badan.  Hebat euy…

STATISTIK (Strategi 2-3)

Rambut rontok berkurang 60% dalam enam minggu, 9 dari 10 wanita di dunia memilih, ...
Kita sering melihat/mendengarkan iklan di tv yang mempilkan data statistik seperti itu kan?

Entah kenapa kita sering merasa yakin dengan promosi yang mengungkapan data statistik dan hasil penelitian. Mungkin karena terkesan kredibel.

Data statistik seperti inilah yang terbaca oleh temen ku di dalam kereta yang ia naiki dua kali sehari bolak-balik.

Maka jika orang yang punya satu masalah dan dia terpapar oleh informasi/edukasi yang itu-itu aja dan terus menerus.

Maka, proses mengambil keputusan untuk membeli produk itu bisa di bilang jadi lebih mudah.
***
HEBAT JUGA YA ORANG MARKETING

0 komentar: