Hari ini, saya nyuci piring dan di piring itu ada bekas sambel nya. Selesai nyuci tangan saya jadi panas akibat efek cabe yang mungkin kec...

Cara menghilangkan rasa panas di kulit karena terkena (air) cabe

Hari ini, saya nyuci piring dan di piring itu ada bekas sambel nya. Selesai nyuci tangan saya jadi panas akibat efek cabe yang mungkin kecampur sama air larutan sabun. Panas seperti ini tentu sangat tidak nyaman di kulit. Aku pikir ini sudah jadi masalah yang sering muncul, terlebih lagi buat sering nyuci piring pasti sebel. Tetangga ku yang tukang bakso juga pernah ngeluhin panas di kulit akibat cabe beginian.

Akhirnya aku masang status facebook tentang panas cabe ini ;
cabe 
Mbak Yen yang telah berbaik hati membagikan tips mujarab nya.

Yah pake minyak sayur....
minyak
Minyak sayurlah obat nya! kemudian aku teringat pernah baca blog nya kang Gibran Huzaifah yang saat itu beliau menulis tentang kenapa makan tahu plus cabe itu enak? Yang menurut beliau rupanya enak terletak pada keseruan nya karena ada sensasi pedas yang timbul tenggelam di mulut. Kemudian dia menulis alasan ilmiah kenapa pedas ini bisa timbul tenggelam, perhatikan kata-kata yang saya bold dan miringkan:
Gini: di dalam biji cabe rawit itu terdapat enzim spesifik yang dapat memberikan stimulus tertentu pada reseptor kita. Reseptor kita akan membawanya ke otak melalui saraf sensorik. Setelah sampai di otak, stimulan tersebut akan diinterpretasikan, dan otak akan membacanya sebagai sebuah sensasi pedas atau panas. Otak akan mengirimkan instruksi dan sensasi pedas ini ke seluruh tubuh sehingga tubuh kita akan bereaksi dengan mengeluarkan respon “kepedesan”. Ini tahap pertama: pedes.
Nah, ternyata, enzim spesifik ini bersifat larut dalam minyak. Minyak yang terkandung di tahu goreng dapat melarutkan enzim tersebut sehingga sensasi pedasnya hilang seketika. Dan prosesnya gitu terus menerus: makan cabe, pedes, makan tahu, ilang pedesnya. Gitu deh.”
Nah, dari sana kita udah bisa tau alasan ilmiah kenapa minyak sayur sakti mandraguna menghilangkan pedas/panas.
Dan benar saja, hanya dengan sekitar satu menit saja, area tangan yang panas terkena air cabe berangsur-angsur normal kembali. Subhanallah, segala Puji Bagi ALLAH.

0 komentar: