Beberapa bulan ini aku merasakan bahwa waktu ku benar-benar tidak efektif. aku sering merasa kekurangan waktu. Jadi aku ngerasa 24 jam sep...

(Cara?) memanage waktu

Beberapa bulan ini aku merasakan bahwa waktu ku benar-benar tidak efektif. aku sering merasa kekurangan waktu. Jadi aku ngerasa 24 jam sepertinya tidak cukup.

setelah kubedah dan breakdown aktifitas harian ku, ternyata aktifitasku tidak padat-padat amat. lalu kenapa 24 jam terasa tidak cukup? jawabannya ternyata :
  • Rupanya akhir-akhir ini aku mengerjakan sesuatu ngasal aja, tanpa perencanaan dan tanpa daftar prioritas. contoh kasusnya begini; aku ambil aja momen-moment pagi hari pas di kosan; saat aku ngeliat baju kotor ya aku nya nyuci baju, ngeliat buku-buku uda berantakan ya beresin buku, ngeliat lantai kotor ya nyapu, ngeliat ini gak beres ngerjain ini, itu gak beres ngerjain itu dll, gak ada daftar prioritas sama sekali. tau-tau  udah jam 9 ! wah cepet banget waktu?!
  • sering banget aku uda terlalaikan sama facebook. Tau-tau ngeliat jam… wah ! aku nagapain aja?!
  • ketiduran Surprised smile
sadar akan ketidak beresan dan keamburadulan waktu ku ini, kemudian aku iseng merancang strategi penyelamatan waktu-waktu ku itu.
SEJENIS LANDASAN TEORISchoolSchool
Dahulu, dalam sesi coaching di Giant Club, aku juga udah pernah tanya ke coach kami bahwa aku kesulitan mengatur waktu. kemudian coach memberikan saran agar aku melakukakn hal dibawah ini, tips dari coach ini adalah tips manajemen waktu terjitu yang dulu pernah sukses mengatur waktu ku, kata coach sebenernya sederhana aja:
  1. Luangkan waktu untuk merencanakan aktifitas besok dimalam hari sebelum tidur.
  2. Buat breakdown aktivitas harian.
tips nomor satu jarang aku jalankan, karena saat itu biasanya di tempat kerja aku melakukan aktifitas-aktifitas yang flat dan monoton alias yang itu-itu aja jadi aku jarang pake tips nomor satu.(alasan lain kadang-kadang juga karena aku kelelahan, jadi sering lupa) Smile with tongue out
tips nomor dua-lah yang sering aku pakai. akhirnya aku membeli buku notes kecil dan pulpen pendek agar bisa ku masukkan kedalam saku. buku ini ku bawa kemana-mana. kekantor, keradio, kepustaka, main-main, sepedaan, (ngajiHot smile) dan kemana aja. di buku itu aku sudah menuliskan di setiap halamannya urutan jam dalam satu hari:
kata coach, “ eh…tong, elu tulis aje semuanye. mandi jam berape, sarapan jam berape, facebookan jam berape. entar elu bakalan ngeliat sendiri kok apakah elu ude ngambur-ngamburin waktu ape kagak. dari hasil itu elu juga bakalan bisa nge-evaluasi ternyata elu mandi 2 jam! sarapan 9 jam ! de el el. Elu bisa nilai sendiri aktifitas harian elu boros waktu apa kagak. sehingga elu bisa ngelakuin efesiensi di hari berikutnya pada aktifitas yang kurang penting dan mengalokasikan waktu itu untuk kegiatan yang lebih penting.” – (hehehe tentu saja redaksional nya uda ku ubah supaya entertain dikit Devil )
wal hasil !
05:00 =Sholat subuh, sepedaan 20 menit sebelum ke kantor,dst, dll,……………………
06:00 =……………………
07:00 =……………………
…, Dst. bahkan sampe sampe jam 4 pagi aku pun punya jadwalnya walopun jadwalnya cuma “tidur”. Open-mouthed smile ya…istirahat gan ! masak kerja mulu….
Di setiap halaman atas buku notes kecil ini ku beri keterangan tanggal dan dan hari. Jadi, selain sebagai breakdown aktivitas harian, buku ini juga menjadi platform penjadwalan yang sangat efektif. jadi seumpama aku membuat janji dengan teman, aku akan lihat logsheet hari dan jam yang kosong dulu. keren banget !Thumbs up kayak artis aja….Open-mouthed smile
ada kejadian lumayan pas aku lagi sibuk nyatat dan ngeliatin jadwalku pas dikantor. ternyata rekan kerja ku ngeliat tingkah laku ku itu. taukah kamu si temen bilang apa?
“wah, kayak menejer aja kau boy !”.
“hahahahha…Perkenalkan boy, aku adalah manejer diriku sendiri” [nyengirkuda].
penampakan poto di bawah ini merupakan si buku kecil penuh sejarah itu. namanya agendos mungilos
tips manajemen waktuPIC_14-08-13_09-08-14
Tetapi, kebiasaan ini tidak berlanjut saat aku pergi ke Bandung, akhirnya aku kembali mengalami kesia-siaan waktu lagi.Wilted rose
seperti yang udah ku ceritakan di atas itu.
tapi ALHAMDULILLAH aku sadar aku mulai buang-buang waktu, jadi masih bisa diperbaiki. sekarang aku sudah mulai menjalankan teknik nomor satu coach yaitu : merencanakan aktifitas besok sebelum tidur…
aku tidur dulu ah…..
[tulisan ini masih perlu saya edit]

2 comments:

  1. Sepertinya saya juga tiap hari cuma kerja gak karuan tapi waktu kerasa kurang. coba juga ah tips diatas. mudah2an bisa lebih termanage.

    ReplyDelete